Cara Menahan Diri Agar Tidak Memukul Terhadap Anak Sendiri

Banyak Cara Menahan Diri Terhadap Anak agar tidak memukul si kesayangan buah hati kita. Betapa seringnya kita sebagai orang tua merasakan begitu susahnya untuk menahan diri untuk tidak memukul anak ketika dia melakukan suatu yang menyusahkan kita. 

Padahal jika kita berpikir ulang kita akan dapati bahwa pukulan itu tidaklah akan memberikan suatu manfaat yang besar dibandingkan dengan penyesalan yang akan kita tunai setelah itu. Maka sebagai orang tua kita harus mengerti bagaimana cara agar kita bisa mengendalikan diri kita untuk tidak memukul mereka ketika berbuat kesalahan.


Berikut ini beberapa tips agar kita bisa menahan diri untuk tidak memukul anak.

  1. Berusahalah untuk berlindung kepada Allah dari godaan setan.
  2. Posisikan dirimu seperti anakmu ketika sobat masih anak-anak dan ibumu yang dengan sabar dan lembut menanggapi kesalahan-kesalahan dan kenakalanmu
  3. Berbicaralah dengan dirimu sendiri :”Apakah sobat dengan pukulan ini ingin membalas dendam atau sobat ingin mengajari anakmu dengan pukulan ini ? Jika yang sobat kehendaki adalah pelampiasan kemarahan maka sobat tidak berhak memukulnya, akan tetapi jika sobat  bermaksud mengajarinya adab dan sopan santun, maka bukankah masih ada cara lain selain pukulan ?”
  4. Renungkanlah lagi ketika sobat memukulnya pada kesempatan sebelumnya dan bagaimana sobat merasa menyesal setelah itu seandainya hal itu tidak terjadi
  5. Buatlah kesepakatan dengan suami/istri untuk mencegah agar tidak memukul anak
  6. Ingatlah pula bahwa anak kita lemah dan tidak bisa membela diri.

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak