Google Adsense: Do and Don’t

Google Adsense: Do and Don’t. Halo rekan terhormat, pagi ini saya ingin kembali membahas Google Adsense.

Saya tidak akan membahas sistemnya, tekniknya ataupun teori2 lama untuk meningkatkan klik anda.

Tapi saya ingin membahas dari sudut pandang pemilik website/blog dan website/blog itu sendiri.

Kenapa saya kasih judul do and don’t? Karena saya sekarang melihat gimana supaya kita berhasil mendapatkan klik dan revenu dengan cara yang saya pikir perlu tingkat ketelitian xxxxxxxx%.

Do di sini artinya yang boleh dilakukan oleh si pemilik website/blog.

Pemilik website atau blog GA yang sejati, tidak akan pernah memberitahukan identitas website dan blog mereka kepada teman-teman atau publik yang masih mengenal dia. Jadi cara pertama untuk memasarkan website dan blognya adalah dengan Google Adwords.

Mengapa? Dengan kesamaan kata kunci yang berhubungan dengan tema website (bukan tema template ya, tapi tema pembuatan dan content), isi artikel/tulisan, maka iklan Adwords akan memunculkan website dan blog tersebut secara tepat, baik di Google SE, gmail maupun iklan2 di friendster.

Kemunculan iklan website dan blog itulah yang akan menciptakan traffic ke website. Atau dengan kata lain, website dan blog yang di iklankan, akan memiliki rasio dikunjungi lebih cepat dibandingkan hanya dengan memasang kata kunci yang tepat, lalu menunggu Google Search Engine untuk memunculkan di halaman pertama pencarian.

Membayar iklan akan jauh lebih cepat daripada gratisan.. itu kasarnya..

(Kenapa harus bayar adwords, padahal website kita mencari uang dari adsense.. bukannya itu tolol? Saya akan membahas pro dan kontra ini belakangan.. sabar ya.. hehehe).

Adwords adalah langkah pasang iklan, Adsense adalah langkah memunculkan iklan.. jadi Entrance nya di adwords, exit nya di adsense.. kira2 gitu deh… Nanti kita bahas khusus..

Do yang kedua, kembali lagi ke teori lama, yaitu dengan memperbaiki SEO website dan blog kita, sehingga terdeteksi oleh Google SE, tapi ini akan makan waktu yang lama.. ditambah lagi setiap hari muncul jutaan artikel baru, jutaan gambar2 baru dengan keywords, ribuan video baru dengan keywords dsb…

Beranikah anda bersaing dengan mereka? Jawabannya saya serahkan kepada pribadi masing2.

Do yang ketiga, sebaiknya website dan blog anda fokus ke satu tema khusus yang NICHE. Contoh kasus blog saya (walaupun tanpa adsense), membahas PayPal dan VCC.

Dengan memfokuskan diri kepada 1 atau 2 keywords saja, maka indexing google akan menjadi sangat cepat…

Do yang keempat, buat website anda dan blog anda memiliki backlink satu dengan lainnya. Bahkan kalau perlu, setiap blog dan website anda, dijadikan satu bundel, dengan membuat lagi landing page yang baru, khusus untuk direktori properti anda. Ibaratnya, dengan menemukan 1 landing page, orang bisa berputar2 di dalamnya, mengunjungi semua website dan blog kita.

Tapi ada syarat utamanya, yaitu: semua website dan blog kita harus saling melengkapi, sehingga pengunjung tidak merasa dipaksa melompat dari satu ide ke ide lainnya yang tidak berhubungan dari properti kita.

Google juga dengan senang hati memunculkan link2 dari semua properti kita (properti = website dan blog) ketika semuanya masih bisa dihubungkan melalui kata kunci yang sama.

Contoh kasus: saya ingin membuat website tentang pariwisata Bali. Daripada saya membuat HANYA SATU website dan membuat halaman2 baru disana, saya lebih cenderung membuat mini sites tentang niche2 di Bali dan menghubungkan semua mini sites itu kedalam satu landing page khusus yang memuat kata kunci utama produk saya.

Independensi dari minisite2 tersebut akan membuat keragaman backlink secara niche, tapi tetap mengacu kepada kata kunci “BALI”..


Nah sekarang kita beralih ke Don’t.

Jika Do diatas saya beri warna Hijau, maka Don’t akan saya beri warna merah.

Don’t yang pertama yang sering dilakukan pemain baru dan blogger2 baru adalah meminta blogger 2 lain yang memiliki Page Rank tinggi untuk tukar menukar link dengan mereka, padahal blog2 ini memiliki skrip GA didalamnya.

Menurut saya ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Ini melanggar Do nomor 1, yaitu mengumumkan blog dan website kita kepada teman-teman dan orang-orang yang masih mengenal kita, sehingga tingkat CLICK FRAUD nya akan tinggi sekali.

Apakah anda benar2 mengenal sosok dan pribadi orang2 di Internet? Apakah anda pernah bertemu saya secara langsung (contoh nyata nih).. Pasti jawabannya belum pernah..

Jika anda belum pernah ketemu, belum tahu sifat dan karakter orang yang anda sebut teman di Internet, betapa bodohnya anda jika mempercayakan website dan blog GA anda kepada mereka. Betul atau betul?

Don’t yang kedua adalah sengaja memasang iklan GA segede2 gajah bangkok di halaman artikel, dengan warna menyolok.

Harapan kita adalah semua orang akan tahu itu iklan GA dan pasti orang-orang itu akan meng-klik-nya. Hehehe.. salah banget ya boss… Belajar lagi ttg GA yg bener aaahh..

Don’t yang ketiga adalah membuat website dan blog yang tidak memiliki fokus terhadap kata kunci. Saya tidak perlu berteori panjang dan lebar mengenai hal ini, kita semua sudah tahu, bahwa kata kunci adalah sumber dari kehidupan website dan blog kita.

Untuk penjelasan mengenai hal ini, anda lihat lagi pernyataan saya di atas yaitu DO YANG KETIGA.

Don’t yang keempat, mungkin terlihat bodoh, tapi sering dilakukan oleh para blogger baru.. yaitu sengaja memasang signature blog mereka ketika membuat comment/komentar di blog orang lain, atau menuliskan status di YM yang ditujukan kepada teman2, dengan alamat blog mereka, atau membuat signature di email2 mereka dengan alamat blog dan website mereka.

Ini jelas melanggar Do nomor 1.

Ada lagi? Silakan anda bantu saya untuk menuliskan di bawah ini. Terima kasih..

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak