Ayo Ngeblog : Ngeblog Yang Bermanfaat

Incoming Search : Ayo Ngeblog | Ngeblog | Ayongeblog | Ayo Nge Blog | Ayo Ngeblog Yang Bermanfaat
Ayo Ngeblog : Ngeblog Yang Bermanfaat Seperti halnya sebagai manusia tentu banyak hal yang berlebih dari tiap individu masing-masing mungkin termasuk Anda ataupun saya demikian juga.

Di alam nyata mungkin anda mempunyai kelebihan baik masalah ide ,Tips ataupun hal yang sangat berguna juga buat halayak ramai namun anda terkadang bingung untuk menyampaikannya kepada umat manusia di seluruh dunia.

Dengan kemajuan Teknologi dan semakin berkembangnya kemajuan informasi kini anda dapat dengan mudah untuk mengembangkan atau menyebarluaskan ide-ide anda untuk dipublikasikan ke seluruh manusia di seluruh penjuru dunua diantaranya dengan membuat sebuah blog.

Jadi intinya Ayo Ngeblog !! ini tentunya harus didasari juga dengan ilmu pengetahuan bahkan rencana yang matang agar blog yang kita buat tentunya tepat pada sasaran dan bermanfaat bagi manusia di seluruh dunia.

Semenjak mengenal blog diawal tahun 2000 saya membuat blog apapun yang ada di benak hati saya selalu saya buat dalam tulisan bahkan pengalaman pekerjaan yang sekarang saya jalani menjadi ide keyword untuk Blog Saya

Dimulai dengan Blog wordpress com yang gratisan dimulainya saya ngeblog awal 2000 dan akhirnya di akhir bulan 2011 di suspend oleh wordpress. dengan berbagai alasan yang diberikan wordpress dan itu adalah hal yang wajar karena kita menggunakan fasilitas gratis.

Akhirnya 3 bulan yang lalu saya pun mencoba di blogspot ini dengan alasan saya tetap berkecimpung di dunia maya sebagai sarana berhubungan dengan para blogger dan selalu mencari ide yang bermanfaat.

Terakhir tulisan saya mengajak kepada semua blogger di indonesia khususnya Ayo Ngeblog : Ngeblog Yang Bermanfaat.Dengan memperhatikan hal berikut sebelum membuat blog :

Perencanaan

Sebelum kita memulai blogging, pastikan jika perencanaan kita telah matang baik itu teknis maupun nonteknis. Perencanaan teknis bisa berupa apakah dalam menjalankan aktifitas blogging kita menemukan gangguan semisal koneksi internet yang naik turun, dsb. Perencanaan teknis juga bisa berupa apakah nama blog yang kita pilih sudah cocok dengan temanya, alamat blog kita juga apakah sudah mendukung tema yang kita usung dan mudah dihafalkan orang, serta apakah kita memakai platform blog yang sudah sesuai dengan kebutuhan blogging kita.

Untuk perencanaan nonteknis ada bermacam-macam, seperti apakah tema yang kita pilih sudah final dan sesuai harapan kita, seperti apa target pengunjung kita, dan sejauh mana ruang lingkup bahasan tulisan terkait tema yang kita pilih dalam blog kita.

Konten
Ingat dan selalu ingatlah jika konten itu segalanya dalam blog kita. Kita dapat mengartikan jika konten atau tulisan postingan itu merupakan nyawa dari blog kita. Masih ingat kan dengan slogan content is the king..?

Janga remehkan isi dari tulisan dalam blog kita, karena sesungguhnya seseorang yang mengunjungi sebuah blog itu adalah untuk membaca, bukan karena alasan yang lain! Jadi, berikan perhatian yang lebih saat kita membuat tulisan dan mempublikasikannya dalam blog. Gunakan referensi terpercaya agar tulisan kita lebih berbobot dan mengandung dasar yang kuat saat kita menuliskan sebuah topik yang belum begitu kita kuasai. Jangan lupa juga untuk memberikan penilaian pribadi apakah tulisan kita ini telah layak untuk dibaca orang banyak atau belum. Pada intinya adalah dalam menulis itu berikan sebuah tulisan yang menarik dan mengandung manfaat bagi orang lain! Jika memungkinkan, gunakan gaya bahasa yang menarik dan enak dibaca serta perhatikan jenis huruf (font) agar nyaman untuk dilihat.

Desain
Berbeda dengan di dunia nyata, jika kita mengunjungi sebuah pertal di dunia maya baik itu website maupun blog tentu kesan pertama akan tertuju pada bagaimana desain yang ditampilkan dari blog tersebut. Menarikah..? Bukan masalah pada apakah desain tersebut menarik karena didesain oleh desainer blog tingkat tinggi atau kita memakai desain blog berupa template yang premium. Bukan itu..

Tapi, ini lebih mengarah pada sinkronisasi dan manajemen tata letak pernak-pernik yang kita susun dalam blog kita dengan temanya. Jika kita mempunyai blog yang bersifat pribadi, maka penggunaan template dengan warna yang cerah dan diberikan pernak-pernik yang menarik memang bukan sebuah masalah, bahkan dianggap baik karena pada dasarnya ingin menampilkan ekspresi yang dicurahkan dalam tampilan blognya.

Akan tetapi, bagaimana jika hal tersebut di gunakan untuk jenis blog yang bersifat komersial dan menargetkan jumlah pengunjung yang banyak? Tentu bukan sebuah pilihan yang tepat kan? Mengapa? Yup, hal ini kembali lagi dari sifat pengunjung yang mendatangi blog itu untuk membaca, bukan untuk melihat desain atau pernak-pernik dalam blog kita saja. Akan lebih baik jika kita hanya memasang pernak-pernik blog yang standar dan memang dibutuhkan agar tidak terlalu mencolok dan mengganggu pengunjung kita untuk membaca. Pilihan warna dasar putih juga sangat disarankan jika blog kalian merupakan jenis blog yang menyajikan informasi berita-berita atau semacam majalah agar mata pengunjung lebih nyaman saat membaca tulisan yang kalian publikasikan.

Bagi blog pribadi, pilihan template itu sangat mencerminkan karater kalian. Jadi, pilihlah template yang sesuai dengan pilihan hati kalian masing-masing.
Link
Saat awal-awal membuat postingan tulisan, jangan lupa untuk memberikan link-link yang menghubungkan postingan kita tersebut dengan postingan-postingan kita sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mempromosikan postingan kita sebelumnya agar dibaca juga oleh pengunjung. Akan tetapi, tetap ingat juga jika pemberian link tersebut haruslah nyambung dengan isi postingan yang sedang kita tulis nantinya. Jangan asal pasang link yang mungkin bisa memperlihatkan kesan memaksakan untuk promosi artikel dalam postingan kita terdahulu.

Selain memiliki fungsi untuk mempromosikan postingan sebelumnya, pemberian link pada beberapa kata dalam postingan blog kita juga akan meningkatkan peluang sebagai kata kunci untuk mendukung postingan blog tersebut muncul dalam urutan yang baik dalam hasil pencarian search engine untuk kategori yang sama.
Promosi

Saat kita sudah memiliki blog, promosi blog kita memang merupakan sebuah hal yang penting. Bayangkan saja saat ada banyak sekali perusahaan yang rela mengeluarkan biaya besar hanya untuk mempromosikan produknya di media masa. Untuk apa hal tersebut dilakukan jika tidak ada manfaatnya yang besar? Apa sih manfaat utamanya? Yup, tidak lain tidak bukan adalah agar blog kita ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas..
Jika blog kita sudah banyak dikenal tentunya akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita bukan? Dan apabila sudah banyak pengunjung yang datang serta menikmati kualitas blog kita dengan baik, bukan tidak mungkin blog kita akan semakin banyak didatangi oleh pengunjung-pengunjung lain karena popularitas blog kita yang sudah didapat.

Apakah semua kriteria persiapan di atas sudah kalian kerjakan? Jika belum, jangan ragu lagi untuk memulainya sekarang! Ingatlah jika kesempatan itu hanya berpihak pada orang-orang yang siap.
Jadi, jika blog kalian ingin tetap eksis dalam dunia blogging maka jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal. Tidak harus berpatokan murni pada kriteria di atas, karena sesungguhnya kalian sendirilah yang lebih mengerti tentang kondisi blog yang kalian miliki. Sarannya adalah lakukan persiapan sematang mungkin dan segeralah lakukan perbaikan jika terdapat kekurangan atau ketidakpuasan pada sebuah item tertentu dalam blog kita.

Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak