Keganasan Badai Tornado



Keganasan Badai Tornado.Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya menyempit menyentuh bumi dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing. Dari dahsyatnya kerusakan yang diciptakan, tercatat setidaknya 5 badai tornado yang paling mematikan di dunia dengan merenggut sejumlah besar korban jiwa berikut ini:
 
1. Daulatpur-Saturia, 1989 (1300 meninggal)
Tornado Daulatpur-Saturia di Bangladesh adalah badai tornado yang sangat merusak yang terjadi di Kabupaten Manikganj, Bangladesh pada 26 April 1989. Tornado ini disebut-sebut sebagai tornado paling mematikan dalam sejarah Bangladesh dan paling mematikan dalam sejarah dunia. Ada kesimpangsiuran menyangkut korban yang tewas, tapi perkiraan menunjukkan bahwa tornado ini telah membunuh sekitar 1.300 orang. Tornado ini menghantam kota-kota seperti Daulatpur dan Saturia.  Sebelumnya, kedua area ini yang dalam keadaan kekeringan selama enam bulan, sehingga memungkinkan terjadinya kondisi tornadic.
 
2. Pakistan Timur, 1969 ( 923 meninggal)
Pada tahun 1969, badai tornado menghantam wilayah timur Pakistan yang kini menjadi wilayah tersendiri yaitu Bangladesh. Dari kejadian ini, setidaknya tercatat 923 korban jiwa yang meninggal.

3. Amerika Serikat, 1925 (695 meninggal)
Tornado yang menghantam tiga negara bagian ini terjadi pada Rabu, 18 Maret 1925 silam. Tornado ini disebut-sebut sebagai  bencana tornado paling mematikan dalam sejarah AS, dengan  korban jiwa yang meninggal sebanyak 695 orang. Kecepatan angin tornado yang dihasilkan mencapai 219 mil terus menerus (≥ 352 km) bisa dibilang sebagai tornado terpanjang yang pernah tercatat di dunia. Angin tornado ini menyeberang dari tenggara Missouri, melalui Southern Illinois, kemudian ke barat daya Indiana. Meskipun tidak resmi  namun sebagian pakar meyakini skala tornado ini mencapai grade F5, dalam skala Fujita.

4. Dhaka, 1973 (681 meninggal)
Pada tahun 1973, di kota, Bangladesh terjadi juga bencana yang disebabkan angin tornado hingga menewaskan 681 korban jiwa.

5. Valletta, 1551 (600 meninggal)
Tornado Valletta adalah tornado yang melanda Harbour Grand, Malta pada 23 September 1551, dengan kekuatan badai yang sangat intens ketika itu. Badai ini dimulai sebagai sebuah puting beliung, yang menghancurkan armada pelayaran dan menewaskan sedikitnya 600 orang. (**)
Sumber :  mywindpowersystem.com -  uniknya.com

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak