STOP Jadi Perokok Pasif

STOP Jadi Perokok Pasif.
Sebenarnya, hal ini mengingatkanku pada sesuatu saat aku di kelas XI, dulu pelajaran biologi mendalami tentang penyakit-penyakit sistem pernafasan, paru-paru salah satunya. Dulu memang aku suka sering banget sakit sesek, seringnya di sebelah kiri. Sering banget dateng tiba-tiba waktu duduk atau apapun, rasanya kayak saat jantungmu berhenti tiba-tiba tapi rasa sakitnya di paru-paru. Aku gak tau apa aku sakit dan gak mau tahu kalau memang aku bener-bener sakit. Karena apa? Satu hal yang jadi peganganku saat itu dan sampai sekarang. "Kalau aku sakit, separah apapun aku bakal usahain diriku biar ga tau. Karena aku gak mau dengan taunya kalau aku sakit itu bakal bikin aku kehilangan spirit hidup.Aku juga gak mau hidupku ini sedetikpun buat mikirin penyakit itu."
Tapi aku jujur ada saat aku penasaran banget. Aku pernah tanya ke guru biologiku [karena aku gak mau ke dokter atau apalah itu] apa ada kemungkinan bagi seorang yang paru-parunya rusak sebelah buat tetap hidup? Dan guruku jawab gak ada. Seseorang yang telah kehilangan salah satu paru-parunya dalam waktu selanjutnya juga akan kehilangan paru-parunya yang satu lagi. itu artinya tetap saja, MATI. Tau gak gimana reaksiku? Aku memang sempat berfikir yang tidak-tidak. 'Jangan-jangan paru-paruku ini emang udah rusak?? Rusak sebelah?? Hidupku gak bakal lama lagi dong??' Tapi aku cuman bilang 'oh..' Karena aku tau kalau memang benar aku sakit, kalau memang benar kata-kata guruku itu bahwa aku akhirnya akan mati. Aku gak peduli. Faktanya semua orang bakal mati kan?? :)
Dan kayaknya memang, tahun-tahun itu aku sakit, aku baru sadar sekarang. Mungkin ini efek, karena smp dulu aku sempat jadi perokok pasif. Benar-benar perokok pasif. Tau kenapa? Saat kelas satu smp aku selalu aja ketemu anak ngrokok di dalem angkota. Otomatis, aku perokok pasif. Tapi, itu cuma beberapa bulan. Setelahnya aku mulai tahu gimana caranya menghindar dari mereka. Dan sekarang, memasuki kelas 3 ini aku gak pernah sakit kayak gitu lagi. Aku bersyukur :)
See, kalau aku aja yang cuman beberapa bulan jadi perokok pasif bisa munculin gejala sakit paru-paru gimana kalau yang lebih dari itu??
Memang gejalanya gak muncul dalam jangka waktu dekat. Dalam kasusku gejala itu mulai nampak sering setelah 3 tahun. Tapi bukan berarti harus menunggu sampai gejalanya muncul kan??
Bisa-bisa kalau gitu jadinya bakal parah banget. Langsung kena sakit paru-paru parah kayak kanker paru-paru atau Bronchopneumonia Duplex kayak yang dialami  Tika, gadis yang meninggal karena jadi perokok pasif.
Mungkin awalnya denger Bronchopneumonia Duplex kita berfikir apaan tuh?? Sama, aku juga kayak gitu. Tapi setelah baca cerita kak Tika, aku baru tau ternyata flek paru-paru bisa jadi parah banget. Dulu setauku penyakit paru yang paling parah tuh ya kanker paru-paru. :)
Makanya, sayangi paru-paru kalian ya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.
Jangan lupa. HINDARI JADI PEROKOK PASIF ya!!
Aku pribadi amat sangat gak ingin kisah kayak kak Tika terulang lagi.
Untung aku masih beruntung, mempunyai lingkungan yang bukan metropolitan si sumber gas-gas berbahaya sehingga bisa pulih. Tapi gimana buat yang ada dikota-kota penuh udara kotor?? Mungkin jika sudah di kota kayak gitu itu bukan gejala lagi tapi sudah jadi penyakit beneran!
"Percayalah hidup itu sangat berarti ketika kita bisa melihat arti di baliknya."
Kembali kita tanyakan kepada diri Anda sebab daya tahan setiap seseorang berbeda tentunya

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak