Cara Kompress Widget

Cara Kompress Widget | Memasang Widget Tidak Memberatkan Loading.Kecepatan loading, dua kata ini pasti menjadi keinginan setiap blogger dalam mengelola blognya. Karena loading blog merupakan faktor penting yang bisa berpengaruh ke beberapa faktor, seperti tingkat pageview, tingkat bounce rate, tingkat perkembangan pengunjung, posisi penyusunan blog di SERP Google dll. Semua faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain. Untuk itu blogger berlomba-lomba untuk membuat dan menampilkan blog yang tidak hanya enak dipandang tapi juga mempunyai loading yang cepat dan ringan ketika dijelajah.

Coba kita lihat blognya master blogger, pasti blognya ringan dan ramping sehingga sangat mudah dan ringan untuk dijelajah. Cara ini termasuk jenis pelayanan ke pengunjung blog, sehingga pengunjung yang datang bisa langsung membaca artikel dengan cepat tanpa harus menunggu loading blog yang lama. Kalau mereka puas pasti akan kembali lagi dan mudah-mudahan bisa jadi loyal reader. Metode ini tidak jauh berbeda dengan metode kerja dan usaha di dunia nyata, yang intinya ada di “service excellent”. Jadi aku sekarang mau membahas tentang satu cara alternatif yang bisa digunakan untuk mempercepat loading blog, khususnya untuk meningkatkan pageviews dan mengurangi tingkat bounce rate. Memang disini sudah pernah membahas tentang beberapa cara untuk mempercepat loading blog, seperti menggunakan compressor (css, html widget dan zip compressor).dan menggunakan eksternal data storage. Tapi cara yang ini bisa lebih memaksimalkan lagi kecepatan loading blog, yaitu dengan melakukan pengaturan widget dalam blog.

Seperti yang kita tahu widget bisa mengurangi kecepatan loading blog, tergantung dari banyak atau tidaknya widget dalam blog. Ketika pengunjung melihat tiap halaman artikel dalam blog, pasti elemen ini juga ikut di load. Untuk itu kalau memang widget yang ditampilkan itu tidak begitu perlu kita bisa mengatur penempatannya agar blog tidak perlu berulang-ulang untuk meloading setiap widget pada tiap halaman. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke menu “Tata Letak” pada blogger.com lalu ke “edit html”
2. Centang “expand template widget” kemudian copy dan di save untuk backup
3. Lalu pilih sub menu “elemen laman” dari menu “tata letak”
4. Pilih widget yang ingin diatur penempatannya oleh sobat, caranya:

Setiap widget punya nomor HTML dalam URL dan dalam template blog, jadi kita harus mengetahui dulu nomor HTML dari widget yang ingin kita atur penempatannya. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan klik “edit” pada widget yang dituju, seperti gambar dibawah:


Lalu lihat URL widget pada bagian akhir, contohnya HTML22 untuk gambar dibawah ini:


5. lakukan cara yang sama jika ingin memilih beberapa widget untuk diatur penempatannya.
6. Baru ke notepad, pada kode template blog yang sudah disave sebelumnya
7. Cari letak setiap widget yang sudah dipilih dengan “find”di notepad, misalnya HTML22
8. Kemudian masukkan kode berikut kedalamnya:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>

Dan ditutup dengan kode

</b:if>

Kode diatas untuk penempatan widget dalam setiap halaman posting tapi tidak ada dihalaman depan/utama blog, sedangkan untuk penempatan widget pada halaman depan saja, tetapi tidak ada didalam setiap halaman artikel, berikut ini kodenya:

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>

Dan ditutup dengan kode

</b:if>

Hasilnya untuk penempatan kode widget dihalaman depan saja, seperti dibawah ini:

<b:section class='footbar-div' id='footbar-1' preferred='yes'>
<b:widget id='HTML22' locked='false' title='' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<!-- only display title if it's non-empty -->

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak