Cara Membuat Kecepatan Loading Blog Menggunakan Eksternal Data Storage

 Membuat Kecepatan Loading Blog Menggunakan Eksternal Data Storage | Untuk postingan ini Akang mau berbagi cara tentang menyimpan file/komponen blog pada eksternal source. Hal ini sehubungan dengan permintaan sobat Kang Dadang yang menanyakan mengenai cara menyimpan kode css pada eksternal source. Tujuan dari menggunakan eksternal source/data storage ini jelas, yaitu untuk meningkatkan atau menambah kecepatan loading blog. Karena kode css sudah tidak ada lagi didalam template blog kita, tetapi sudah ditransfer ke tempat penyimpanan media online dan file storage. Walaupun begitu kita tetap bisa menggunakan fungsi kode css ini seperti biasanya tanpa merusak atau merubah struktur dan settingan awal yang sudah kita buat dalam template.


Baiklah langsung menuju ke point utama, yaitu cara memindahkan file css ke eksternal source sebagai berikut:

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengcopy atau lebih tepatnya memotong (cut) kode css yang ada didalam template blog. Caranya dengan masuk ke menu "edit html" diblogger atau sesuai platform blog masing-masing. Kemudian langsung copy seluruh kode template tanpa perlu mencentang "expand template widget"

2. Paste dalam "Notepad" lalu cari kode "body{" dan potong (cut) kode css-nya dari bawah kode body sampai kode css diatas kode "]]></b:skin>"

3. Jika sudah, paste hasil potongan kode css tersebut di "Notepad" baru kemudian di save dengan nama file sesuai keinginan masing-masing

4. Lalu rubah ekstensi file "notepad" (txt) menjadi css. Contohnya file kode css Andy di notepad adalah "css1.txt" dirubah menjadi "css1.css"

5. Bagi teman-teman yang belum mengetahui cara mengubah ekstensi, dapat diikuti cara-cara dibawah ini:
  • Buka Explorer pada Windows dengan klik kanan pada Start Menu, lalu klik Explore
  • Pilih menu Tools dan klik sub menu Folder Options
  • Buka menu View dan hilangkan tanda centang pada "hide extensions for known file types"
  • Dengan begitu semua ekstensi file akan terlihat, baru kita bisa merubah ekstensi file css yang kita simpan dinotepad sebelumnya ke ekstensi css.
  • Rename ekstensi notepad (txt) ke ekstensi css, dan selesai
6. Langkah selanjutnya adalah mencari tempat penyimpanan media online atau data storage yang memiliki fungsi "hot linking". Yaitu jasa penyimpanan online yang menyediakan atau memperbolehkan membernya untuk menyimpan data dalam server hosting mereka dan kita bisa mendirect serta menggunakan filenya secara langsung tanpa perlu di download terlebih dahulu.

Sebenarnya hot linking ini diidentikkan dengan perilaku kejahatan yang mencuri file dari tempat lain langsung ke blog atau websitenya, tetapi server dan bandwith yang digunakan adalah dari milik korban sehingga dapat merugikan pihak korban. Tetapi hot linking dalam data storage ini bukan seperti diatas karena filenya merupakan file milik kita sendiri yang disimpan dalam media penyimpanan online yang menyediakan fitur ini dan sesuai dengan TOS mereka. Jadi sobat bisa mencarinya di search engine Google dengan keyword "hot linking storage" atau yang lainnya.

7. Sign up dan upload file kode css ke dalam online data storage pilihan sobat.

8. Lalu copy URL file yang disimpan di data storage

9. Masukkan URL file css menjadi seperti dibawah ini:

<link href='http://nama tempat upload data/nama file.css' rel='stylesheet' type='text/css'/>

contohnya kalau file css punya Kang Dadang yang dulu seperti dibawah ini:

<link href='http://www.fileden.com/files/2012/2/12/2759236/css1.css' rel='stylesheet' type='text/css'/>

10. Sisipkan kode pada point 9 dibawah kode "]]></b:skin>" dan diatas </head> Atau diantara kedua kode tersebut. Dan coba dicek berhasil atau tidak.

Selesai deh salah satu cara mempercepat/meningkatkan kecepatan loading blog dengan memotong file css. Setelah itu coba cek blognya, apa ada perubahan dalam loadingnya yang lebih cepat atau tidak. Mudah-mudahan buat sobat loading blognya jadi lebih cepat .Tapi perlu diingat oleh teman-teman, kalau kita harus menyimpan terlebih dahulu template lengkapnya sebelum melakukan cara diatas. Ini untuk jaga-jaga kalau nanti tiba-tiba server data storage sedang down atau filenya hilang. jadi kita tidak perlu khawatir karena sudah mempunyai back-up datanya. Terima kasih

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak