Cara Menghapus Cache di Google Search

Cara Menghapus Cache di Google Search – Menghapus cache di google ini biasanya paling banyak dilakukan oleh blogger yang sedang mengikuti kontes-kontes SEO. Seperti yang baru saja kemarin saya lakukan waktu menghapus cache untuk artikel kontes Laku.com belanja online grosir eceran murah dan aman karena saya telah melakukan editing pada materi artikel. 
 
Namun tindakan menghapus cache bisa juga terjadi manakala kita harus  menghapus posting/artikel yang bermasalah (terkait masalah hukum/klaim) berikut cachenya yang ada di Google. Cache adalah hasil indeks yang dilakukan oleh robot Google pada halaman blog kita kemudian disimpan di data center (DC) Google. Cache ini akan dimunculkan oleh Google pada halaman hasil pencarian sesuai dengan keyword yang berhubungan dengan halaman blog tadi. 
 
Jadi hasil cache sangat berhubungan dengan cara search engine membaca bloganda dan hasil crawling (penelusuran/perayapan) yang dilakukan oleh robots Google pada halaman blog. Berikut penjelasan singkat Google mengenai cache.
What is the Cache ?
The cache is merely a "snapshot" - showing what Google say when it crawled.
As when Google Crawls, it will update it's Cache.
Cache adalah layaknya sebuah "snapshot" - menunjukkan apa yang Google katakan ketika merayapi (halaman blog/web). Seperti ketika Google Perayapan, perayapan itu akan memperbarui cache.
Jadi jelas sekali bahwa hasil cache juga akan diperbaharui setiap kali Google melakukan crawling, atau pada googlebots last access berikutnya maka data hasil indeks pada Data Center Google juga akan diperbaharui.
Cara Menghapus Cache Google Search Result :
1.       Login dulu ke Google Webmaster Tools dengan akun Google anda.
2.       Pilih blog yang mau anda hapus cache-nya.
3.       Pada halaman dashboard pilh Site configuration > Crawler access.
4.      Klik tab URL removals, kemudian klik Create a new removal request dan masukkan URL postingan atau artikel yang ingin kita hapus cache-nya kemudian tekan Continue.
5.      Selanjutnya anda diminta memilih Reason atau alasan penghapusan cache.
Remove page from search result and cache  : jika anda ingin menghapus halaman dari hasil pencarian beserta cache-nya.
Remove page from cache only : jika anda hanya ingin menghapus cache saja, hasil indeks judul artikel dan URL tetap akan dimunculkan pada hasil pencarian search engine.
Remove directory : menghapus direktori secara keseluruhan.
Karena saya baru melakukan perubahan pada paragraf pertama artikel dan menginginkan Google hanya menghapus cache hasil indeks saja, maka saya memilih Remove page from cache only.
6.    Langkah terakhir klik Submit Request, maka Google Webmaster akan segera memproses permintaan anda. Tunggulah sampai Googlebots Last Acces berikutnya di blog anda dan cek apakah hasil indeks sudah berubah dengan mengetikkan cache:url artikel pada bar pencarian Google. Biasanya perubahan akan terlihat setelah 1 hari (24 jam) tergantung tingkat crawler blog anda, untuk blog yang selalu di update saya yakin prosesnya akan cepat.
Semoga Cara Menghapus Cache di Google Search Result ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan happy nice blogging..!! Thanks To  rayhanzhampiet.com

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak