Cara Merawat Baterai Laptop

Melepas Baterai Laptop   |  Cara Merawat Baterai Laptop 

Sering akang melihat temen yang mendadak sibuk mencabut baterai letop dan mencolokan kabel power sebelum menyalakannya. Alasan utamanya adalah biar baterai laptop lebih awet. Cari-cari bahasan teknis dan tanya-tanya ke temen, jawaban yang didapat masih imbang antara yang pro dan kontra.

Akang sendiri cenderung cuek dengan masalah itu. Akang pikir laptop sekarang sudah lebih canggih daripada keluaran sepuluh tahun lalu. Katanya ada fitur yang namanya inteligence charging, yang akan memutus suplai daya ke baterai saat baterai penuh dan menggunakan daya langsung dari adaptor. Yang sering aku lakukan hanya mencabut colokan AC saat indikasi baterai sudah penuh. Itupun bukan karena soal keawetan baterai, melainkan biar adaptor dikasih kesempatan istirahat.

Dengan adanya pemutusan suplai secara otomatis itu, kemungkinan baterai over suplai kayaknya sudah teratasi. Aku bandingkan kasusnya dengan aki mobil atau motor. Biarpun tidak pernah dilepas-lepas, tetap saja butuh waktu satu atau dua tahun untuk sampai soak. Soal baterai laptop ngedrop setelah setahun, aku kira wajar. Tidak mungkin ada peralatan yang masa pakainya sampai selamanya.

Apalah artinya harga baterai dibanding harga komponen lainnya seperti mainboard atau hardisk yang rentan sekali dengan listrik yang tak stabil. Dengan baterai terpasang, kestabilan daya bisa dijaga. Bagaimanapun aku lebih sayang data daripada baterai.

Dengan lepas pasang baterai, laptop yang diciptakan sebagai alat komputasi portabel yang praktis, malah jadi ribet. Saat buru-buru pindah tempat, harus simpen-simpen dan shutdown dulu. Dengan baterai terpasang kan tinggal tutup flip monitor dan sampai di tujuan tinggal buka dan langsung bisa kerja. Sekali lagi, yang paling penting buat aku adalah keamanan data. Baterai nomor sekian dan bisa beli. Kalo data ilang..?

Penyebab baterai cepat soak, menurutku justru panas berlebihan dari laptop yang dipaksa kerja keras seperti saat kerja grafis atau main game berat. Kadang aku lepas baterai juga, tapi hanya saat laptop panasnya diatas normal. Itupun dengan syarat ada UPS. Tanpa UPS aku tidak berani buka-bukaan.

Apalagi buat yang suka mainan laptop sambil boboan, kemungkinan rusak karena panas berlebihan lebih besar lagi. Karena posisi ventilasi yang seuprit selalu terpasang di bagian samping dengan inlet di bagian bawah. Ketika diletakan di kasur atau meja bertaplak kain tebal, lubang pemasukan udara bisa tertutup. Bila terpaksa harus kerja di kasur, laptop selalu aku letakan di atas majalah tebal, triplek atau landasan keras lainnya.

Berikut ini adalah Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet yang bisa anda pelajari sehingga diharapkan baterai laptop anda akan bertambah lama. Seiring berjalannya waktu pemakaian, baterai notebook atau laptop akan menurun. Baik digunakan atau tidak, akan tetap menurun. Biasanya baterai itu bisa bertahan sampaii sekitar dua tahunan.

Meski demikian ada beberapa cara memperpanjang usia baterai. Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Awet di antaranya dengan menghindari over charging pada notebook. Karena tidak semua notebook yang sudah terisi mempunyai sistem auto cut untuk menghentikan atau mengalihkan arus penggunaan langsung ke pemakaian komputer.
Pada beberapa produk Notebook memang ada yang sudah menerapkan teknologi penghematan baterai.

Pada beberapa produk notebook yang sudah lama, ketika arus baterai sudah lemah, sebaiknya habiskan power yang tersisa pada notebook sampai critical battery alert dari OS / Windows. Baru setelah itu, isi kembali baterai sampai penuh. Jika sedang beketja di kantor atau di rumah dalam jangka lama, sebaiknya tidak menggunakan baterai laptop. Baterai laptop bisa dicabut dan menggunakan listrik dari PLN tanpa menggunakan baterai. Namun bila terpaksa menggunakan menggunakan baterai sebaiknya dalam 3 hari sekali harus dicopot. Jika hendak dipakai, tak usah disambungkan ke power listrik dulu. Sisa tenaga baterai laptop sebaiknya dihabiskan dulu. Baru setelah mau habis powernya, baterai disambungkan ke listrik lagi untuk dicharge.


Penggunaan seperti ini diyakini bisa memperkecil kemungkinan baterai notebook over charging dan mengurangi seringnya di -charge serta dipakai. Sebab, bila baterai dipakai 300-800 kali, kemampuannya menurun. Ketika melepas baterai harus berhati-hati. Ikuti petunjuk untuk melepas. Jangan sampai jatuh, karena bisa menyebabkan komponen di dalam rusak. Jika baterai akan disimpan dalam jangka lama, biasakan untuk full charge dulu. Untuk jenis litium biasanya akan turun kapasitasnya sekitar 1% per hari.


Jika tidak bepergian lama tanpa membawa laptop, maka baterai diisi hingga penuh dan dicabut dari laptop. Seminggu kemudian kuras baterai tersebut dengan menghidupkan laptop sampai baterai benar-benar habis. Jika ingin mengecas, stop kontak laptop disambungkan dulu ke staker. Lalu baru colokan baterai ke laptop. Ini berfungsi agar laptop dan baterai lebih awet.

Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Awet yang lain adalah dengan memanfaatkan fitur power management system. Fitur ini memang sudah disiapkan pabrikan untuk memaksimalkan penghematan energi dan daya baterai agar bisa tahan lama. Hanya saja tidak semua laptop memiliki fitur ini. Meski demikian, ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu meminimalkan display brightness. Dengan menurunkan level LCD brightness ini, daya baterai akan dihemat. Level brightness rendah juga dapat mengurangi ketegangan pada mata sehingga mata tidak mudah lelah.


Selain itu, menutup aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai juga da­pat menghemat energi baterai. Kebanyakan aplikasi akan menam­bah berat kerja sistem dan menarik energi saat menjalankannya. Jadi menutup aplikasi yang tidak perlu akan mengurangi beban laptop.


Saat baterai "genting", dianjur­kan melepas alat tambahan yang menempel pada USB tak terpakai. Akan lebih baik juga menonaktifkan wireless LAN atau Bluetooth. Menonaktifkan perangkat keras ini bila tidak terkoneksi dengan internet atau saluran lain dapat menghemat energi. Alat-alat tambah­an itu menyerap energi meski tidak sedang beroperasi.


Untuk menghemat daya baterai, bisa dilakukan dengan mengurangi pemakaian optical drive. Sebab optical drive yang bekerja terus-menerus, seperti mendengarkan lagu dari CD akan menyerap banyak daya. Jadi lebih baik copy file lagu dari CD ke Harddisk, karena ini akan lebih menghemat baterai laptop. Hindari pula aplikasi grafis intensif. Membuka perangkat lunak gratis seperti image editor menuntut sistem notebook berada dalam high perfomance setting. Ini tentu membutuhkan daya lebih. Dengan beberapa cara itu, daya baterai bisa dimanfaatkan maksimal dan menyala lebih lama. Demikian Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Awet semoga bermanfaat.
  
Ada lagi masalah yang lebih berat daripada soal baterai-tentunya beli laptopnya

1 Comments:

PROMO TERBARU DISCOND 50% DELIMA PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
JIKA MINAT HUB/SMS 0852-4004-4475 - PIN BB:5B3C6CE6 ATAU KUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI http://delima-ponsel.blogspot.com
Ready Stock! Samsung Galaxy J7 SM-J700 Rp.1.700.000
Ready Stock ! BlackBerry Classic 16GB Rp.2.000.000
Ready Stock ! BlackBerry Passport 32GB Rp.2.700.000
Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.3.000.000,-
Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.4.000.000,-

Reply

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak