Renungan jum'at: Tanyakanlah Kepada Hatimu

Renungan jum'at: Tanyakanlah Kepada Hatimu.    
Tanyakanlah Kepada Hatimu
"(yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yg menghadap Allah dengan hati yang bersih."
Q.S. Asy Syu'araa': 88-89  

Assalamualaikum warrohmatullah hiwabarrokaatu..
Alhamdulillah segala puji bagi Allah tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmad dan hidayahnya,, amien


Hati ibarat cermin, hati yang bersih ibarat cermin yang bersih, sehingga memudahkan seseorang untuk mengaca diri melihat cacat dan noda di tubuhnya.

Rasulullah bersabda

"ingatlah bahwa dalam jasad itu ada sekerat daging, jika ia baik, baiklah jasad seluruhnya, dan jika ia rusak, maka rusaklah jasad seluruhnya. Sepotong daging itu adalah hati"
H.R. Bukhari dan Muslim

Bersih atau kotornya Hati memancar dalam perilaku seseorang, hati akan menjadi beku,keras dan sulit menerima kebenaran, dan hilangnya rasa malu apa bila ia ber akrab akraban dengan kemaksiatan.


"dan sesungguhnya kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati ,tetapi tidak dipergunakan untuk memahami ( ayat-ayat Allah ) dan mereka mempunyai mata ( tetapi ) tidak untuk dipergunakan melihat ( tanda-tanda kekuasaan Allah ) dan merekan mempunyai telinga ( tetapi ) tidak dipergunakan untuk mendengar ( ayat ayat Allah ). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi."
Q.S. Al A'raaf: 179
Dengan demikian untuk memelihara hati, membersihkanya dari noda maksiat dan dosa,kita harus menjaga aktivitas ( amal perbuatan kita ),
Dan apabila hati ini sulit untuk di ajak kepada kebaikan,sudah saatnya kita membersihkan hati dan menentramkannya.
Yang pertama,




-Dengan membaca Al Qur'an dan mengkajinya

"wahai manusia,sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Rabbmu dan penyembuh bagi penyakit ( yang berada ) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang orang yang beriman."
Q.S. Yunus: 57

-Dengan mengerjakan Qiyamul Lail ( tahajjud )
Dengan bertahajjud kita adukan semua permasalahan hidup kita ini, Dia ( Allah ) lah yang mampu menyelesaikan semua persoalan ini, dan di TanganNYA lah letak kunci Hati.

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah mudahan RabbMU mengangkat kamu ketempat yang terpuji"
Q.S. Al Isra' : 79
Apabila hati kita masih merasa kotor kusam dan membatu.. Dan diri kita sulit untuk merubahnya,
Memohonlah kita kepada Sang Pencipta yaitu Allah, bersujud dan menangislah memohon diberi petunjuk dan jalan yang lurus.



Agar kita diberi hati yang bersih sehingga akan menjadi sakinah ( rasa tentram ) amien.


Sumber:
buletin da'wah
Wa Islama edisi 24/ 17 Maret 2006



Diringkas oleh admin Daunpepaya.. Agar menjadi renungan untuk admin dan sobat mwb.

Artikel boleh di copas.. Admin senang berbagi, salam sejahtera



Untk yang no muslim menyimak aja ea^^

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak