Tiga Tahun Merupakan Usia Ideal Anak Anda Punya Adik

Tiga Tahun Merupakan Usia Ideal Anak Anda Punya Adik.
Bertambahnya anak dalam kehidupan pernikahan merupakan suatu anugerah yang menggembirakan bagi para orangtua. Namun di balik itu, tidak menutup kemungkinan akan adanya permasalahan baru. Terutama bagi anak  sulung, karena kemunculan adik atau anak kedua akan menimbulkan masalah bagi si kakak.

Lalu, berapa usia ideal anak pertama untuk memiliki adik lagi? Menurut psikolog sekaligus pemerhati anak Seto Mulyadi melalui Okezone, para orangtua harus memperhatikan jarak usia antara kakak dengan sang calon adik.

“Sebaiknya ada jarak tertentu untuk memiliki momongan lagi. Karena ini tentunya bisa mempengaruhi masalah psikologis anak, seperti kecemburuan terhadap adiknya karena si kakak tiba-tiba merasa ada pesaing lagi,” tutur Seto Mulyadi kepada Okezone melalui sambungan telepon, Selasa, 19 Juni 2012.

“Paling tidak jaraknya tiga tahun atau si kakak sudah bisa berbicara. Tentunya ini harus ada persiapan mental yang lebih lagi,” jelas psikolog yang akrab disapa Kak Seto ini.

Jadi, lanjut Kak Seto, untuk memiliki momongan lagi sebaiknya harus benar-benar disiapkan, termasuk dengan melihat kondisi si kakak. “Harus, sehingga nantinya tidak akan terjadi kecemburuan karena berbagi perhatian orangtuanya di kemudian hari,” tutupnya.

Sumber : Okezone
  

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak