Bagian-bagian Tubuh Manusia

Bagian-bagian Tubuh Manusia | Struktur organ tubuh manusia yang sebagian telah diciptakan secara berpasangan dan yang lain secara tunggal (satu tidak memiliki pasangan). Betapa banyak hikmat dan rahasia yang terkandung di dalamnya! Kepala adalah salah satu organ tubuh yang tunggal, dan cukup dengan satu kepala seluruh indera yang dibutuhkannya telah terpenuhi. 


Tangan diciptakan secara berpasangan, apabila manusia hanya memiliki satu tangan maka ia tidak akan banyak mendapat keuntungan dan dalam kehidupan sehari-harinya ia akan mengalami banyak kesulitan. Nah, bagaimana apabila salah satu tangan tukang kayu atau tukang batu lumpuh, maka sudah jelas ia tidak akan mampu mengerjakan pekerjaannya dengan baik, seandainya ia berusaha keraspun, tetap ia tidak akan mendapatkan hasil sebaik hasil pekerjaan yang dikerjakannya dengan kedua tangan.

Cara menciptakan alat perangkat suara
Perhatikanlah suara dan ucapan manusia dan bagaimana proses pembentukannya! Tengorokan bagaikan pipa sebagai jalan keluarnya suara, lidah, bibir dan gigipun membantu membentuk huruf-huruf dan nada-nada tertentu. Bayangkan apabila seseorang tidak memiliki gigi maka ia tidak akan bisa mengucapkan huruf S, jika ia tidak memiliki bibir –bibirya cacat- maka ia tidak akan bisa mengucapkan huruf Fdegan benar, dan jika lidahnya berat -cadel- maka ia tidak akan dapat mengucapkan R dengan benar.

Organ-organ ini sangat serupa dengan alat musik tiup, tenggorokan menyerupai pipanya, paru-paru menyerupai katup tempat meniupkan angin, urat-urat yang menekan paru-paru untuk mengeluarkan suara seperti jari-jari tangan yang menekan pada katup agar angin dapat masuk ketika ditiupkan, dua buah bibir dan gigi-gigi yang mengatur suara menjadi huruf-huruf dan nada-nada tertentu seperti jari-jari tangan yang menari diatas lubang-lubang pipanya seraya mengeluarkan nada-nada dan melodi tertentu. Akan tetapi, walaupun perangkat suara manusia menyerupai alat musik tiup, namun sebenarnya alat musik tiuplah -yang di buat- menyerupai perangkat suara manusia.

Manfaat yang lain dari organ-organ mulut
Diatas telah diterangkan proses pembentukan suara hingga manusia dapat berbicara, akan tetapi masih banyak manfaat-manfaat lain yang terkandung di dalamnya.Tenggorokan adalah jalan keluar masuknya udara kedalam paru-paru dan nafas yang berkesinambungan, ini menjaga hati agar selalu tetap segar, yang mana jika nafas ini tersumbat manusia pun akan mengalami kematian. Dengan lidah, rasa dapat dicicipi dan dapat dibedakan antara yang manis dan yang pahit, yang asam dan yang sepat, yang asin dan yang tawar, yang lezat dan yang tidak lezat. Selain itu lidahpun –dengan air liurnya- memudahkan proses penelanan makanan dan minuman.

Gigi-gigi (selain dapat membentuk huruf tertentu) ia juga bertugas mengunyah makanan sampai halus hingga mudah untuk ditelan, iapun sebagai tempat bersandarnya kedua bibir yang menjaga dan menahan bibir dari dalam mulut, tidak diragukan lagi engkau telah melihat orang-orang yang tidak memiliki gigi, maka bibir mereka tidak kokoh –menjorok kedalam- dan bergetar. Dengan kedua bibir, manusia dapat menjaga air yang diminumnya agar tidak tumpah sekaligus dan dengan perlahan airpun dapat mengalir kedalam perut sesuai kapasitasnya sehingga tidak tersekat di kerongkongan dan tidak membahayakan lambung. Dua buah bibir merupakan dua pintu bagi mulut, kapan saja seorang menghendakinya ia dapat menutup dan membukanya. 

Dari keterangan diatas, dapat diketahui bahwasannya setiap organ tubuh memiliki beragam manfaat bagaikan sebuah alat yang dapat digunakan untuk beragam pekerjaan, contohnya seperti kampak yang dapat digunakan untuk memotong kayu, menggali dll.
Otak manusia, tengkorak dan yang melindunginya
Apabila segala penghalang tersingkap dan engkau dapat melihat otak, engkau akan mengetahui bahwasannya ia dilapisi dengan berbagai penjagaan hingga ia dapat tetap kokoh dan terjaga dari segala bahaya, tengkorak kepala bagaikan topi pengaman yang menjaga otak dari segala benturan hingga tidak mudah terluka. 

Demikian juga kulit kepala manusia dihiasi dengan banyak rambut yang menjadi pelindung kepala dan menjaganya dari panas dan dinginnya cuaca. Dikarnakan fungsinya yang sangat vital dan posisinya yang sangat penting bagi tubuh manusia serta kesensitifan yang dimilikinya maka ia layak untuk dijaga dan dilindungi –dengan ketat-. Siapakah gerangan yang telah meletakkannya di tempat yang sangat kokoh dan aman seperti ini?

Keagungan pada kelopak mata
Perhatikanlah kelopak mata manusia dan coba pikirkan bagaimana ia telah diciptakan bagaikan tirai yang menutupi kedua mata, di sebelahnya terdapat kerutan dan lingkaran yang telah dirancang dan disiapkan –sedemikian rupa- hingga kapan saja seorang menghendaki ia dapat membukanya, bola matapun telah diletakkan di dalam kedua lubang tengkorak mata, ia pun dibekali dengan kelopak dan bulu mata yang akan selalu menjaganya.

Hati dan pelindungnya
Siapakah yang telah meletakkan hati manusia ditengah-tengah dada dan menyelimutinya dengan tulang iga dan bermacam tirai yang sangat kokoh, daging serta kulit pun turut menjaganya dari segala bahaya.

Dua lubang di tenggorokan
Tenggorokan mempunyai dua lubang, satu untuk keluarnya suara yang menyambung ke paru-paru dan yang satunya lagi adalah untuk saluran makanan yang menyambung ke lambung. Tenggorokan memiliki katup di bagian atasnya (bagian atas lorong yang menyambung ke paru-paru) sehingga mencegah masuknya makanan ke dalam paru-paru yang akan menyebabkan kematian manusia. 

Selain itu paru-paru juga berfungsi sebagai alat untuk mendinginkan dan menyegarkan hati, hingga mencegah munculnya hawa panas dari hati lantaran kerjanya yang terus-menerus dan tanpa henti yang mana –ketika hati menjadi panas- akan menyebabkan kematian seseorang.

Dua lubang keluar
Siapakah yang telah menciptakan klep pada lubang kencing dan lubang kotoran sehingga seseorang dapat membuka dan menutupnya sewaktu ia menginginkannya sehingga –kotoran- tidak dapat keluar tanpa kontrol, ketika itu terjadi maka dapat merusak kehidupan sehari-hari manusia. 

Lambung dan Hati
Lambung diciptakan dengan sedemikian kokohnya sehingga dapat mencerna makanan yang berat –keras- sekalipun? Dan hati diciptakan sedemikian halus dan lembut hingga dapat mencerna lebih halus kembali makanan yang telah dicerna lambung? Dan ciptaan Tuhan Semesta Alam tidak ada yang cacat bukan? 

Otak, Darah, Kuku, Telinga dan Paha
Lihatlah kenapa otak yang sangat lembut dan halus diciptakan dalam lubang tulang kepala? Ini tidak lain hanyalah untuk menjaganya. Kenapa darah hanya mengalir melalui urat-urat bagai air di dalam bejana? Semua ini tidak lain hanyalah untuk melindungi dan mengarahkannya ke arah yang benar.Kenapa kuku-kuku hanya tumbuh diujung jari jemari? Ini guna melindungi jari jemari dan membantu seseorang melakukan pekerjaannya.
Mengapa lubang telinga diciptakan berkelok-kelok seperti sebuah pir? Hal ini adalah untuk memecahkan suara ketika masuk ketelinga hingga tidak membahayakan gendang telinga.
Mengapa di paha dan di bokong manusia terdapat banyak daging? Ini agar seseorang tidak merasa sakit ketika ia duduk seperti seorang yang ramping dan kurus yang merasa sakit ketika duduk di atas tanah yang keras tanpa menggunakan alas.

Penciptaan manusia secara berpasang-pasangan
Manusia diciptakan dengan berpasang-pasangan, sehingga memungkinkannya untuk memiliki keturunan, sehingga ia bisa beranak pinak dan menciptakan kedamaian di muka bumi ini. Itulah tujuan Tuhan menciptakan manusia, tidak lain untuk menjaga dan memakmurkan bumi ini, bukan merampas dan meng-eksploitasi bumi ini dengan keji. Itulah manusia yang telah di berikan berkat dan menjadi Rahmat bagi Seluruh Alam.

Alat Vital Laki-laki dan Hikmah dalam Penciptaannya
Jika alat vital laki-laki selalu kendur, maka bagimana ia bisa sampai ke dasar rahim dan mengeluarkan sperma di dalamnya? Dan jika ia selalu tegak berdiri bagaimana seorang laki-laki dapat membalikkan badannya ketika ia tidur dan juga bagaimana ia akan bebas berjalan di tengah-tengah masyarakat? Keadaan seperti ini selain akan merusak pemandangan juga ini akan mengakibatkan bangkitnya hawa nafsu laki-laki dan perempuan di setiap saat. Tuhan Semesta Alam telah menciptakannya di tempat yang tidak selalu telihat oleh mata dan para lelaki tidak akan mengalami kesulitan karenanya, selain itu saat diperlukan ia dapat bereaksi hingga keturunan manusia akan tetap tejaga dan tidak punah.

Rambut, Kuku dan Manfaat Keduanya
Bagaimana rambut dan kuku diciptakan dengan sebaik-baiknya serta penuh dengan keberaturan. Rambut dan kuku akan selalu tumbuh memanjang -hingga pada saatnya- keduanya harus dipendekkan, dan Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakannya tidak memiliki rasa sehingga ketika seseorang memotongnya ia tidak akan merasakan sakit. Jika ketika memotongnya, manusia merasakan sakit maka ia akan terjebak pada dua pilihan yang sulit, apakah ia harus membiarkan keduanya panjang begitu saja atau ia harus tetap memotongnya dengan menahan rasa sakit yang dialaminya.

Itu semua adalah bentuk ketunduk-patuhan mahluk Tuhan Semesta Alam Sang Pencipta Kehidupan ini, bisakah kita mengambil pelajaran? Bukankah kehidupan itu akan harmonis dan damai apabila setiap mahluknya selalu tunduk dan patuh. Bagaimana dengan kehidupan hari ini?

Share This Post →

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

  © Copyright 2011-2014 Vulkanisir-Dangstars Blog . All rights reserved   Powered By Blogger

  

DMCA.com