Cara Menulis Efektif Untuk Postingan Blog

 
Cara Menulis Efektif Untuk Postingan Blog | Cara Menulis Secara Efektif Materi bahasan untuk hari ini apa nih? Kali ini kita akan membahas pengetahuan mengenai cara menulis efektif untuk postingan sebuah blog. Hmm,, bagaimana? Topik bahasan yang cukup menarik bukan? Dengan mengetahui rumus menulis ini niscaya kemampuan kita untuk menulis di dunia blogging akan semakin bertambah baik!
Asyiikkk . .

Yuk langsung saja kita ikuti pembahasannya!


Ada beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan untuk menulis efektif di sebuah blog. Apa saja itu? Mari kita bedah satu-satu.


Unik dan menarik.

Yup, pada umumnya tulisan yang kita hasilkan haruslah unik baik tema, pengemasan, dan gaya penulisan agar tersaji sebuah postingan yang menarik untuk dibaca. Rahasianya mudah, cukup menulislah mengalur mengalir menggunakan hati.

Orisinil.

Sebaik apapun postingan kita, tetap akan menjadi hal yang basi jika itu merupakan hasil jiplakan dari blog lain. Usahakan untuk menulis yang benar-benar hasil tulisan kita sendiri. Jangan takut jika hasilnya jelek, karena lama-lama dengan kita sering berlatih menulis juga akan membaik dengan sendirinya. Dengan tulisan yang orisinil akan menambah kredibilitas kita di mata pengunjung jika kita merupakan blogger sejati yang anti plagiat karya orang lain.

Samakan tema tulisan dengan tema blog kita.

Selalu perhatikan apa tema yang kita tulis dengan tema yang kita usung dalam blog kita, kecuali jika blog kita adalah blog gado-gado (bertema campuran). Jangan sampai pembaca ragu dengan tulisan yang baru saja kita terbitkan karena berlawanan dengan tema blog kita. Misalnya blog kita bertemakan olahraga, maka jangan sampai kita menerbitkan tulisan dalam blog tersebut yang berbau selain olahraga seperti kuliner, wisata, flora, fauna, dsb.

Munculkan ide segar.

Tulisan yang di dasari dengan topik yang segar dan aktual akhir-akhir ini akan memikat banyak pembaca. Karena pada dasarnya ini berkaitan dengan kebutuhan manusia yang selalu butuh aktualisasi diri. Ide segar yang kita olah dengan baik dan kita munculkan dalam sebuah tulisan akan memiliki daya pikat tersendiri bagi pembaca yang memang gemar dengan hal-hal yang baru dan inovatif.

Gunakan teknik menulis ala kiss. 
Secara singkatnya, teknik menulis ala kiss ini menampilkan konsep tulisan dalam kemasan yang simpel dan pendek. Tujuannya adalah agar pembaca tidak jenuh dengan tulisan-tulisan kita dan bisa langsung menangkap informasi apa yang ingin kita sampaikan.

Gunakan referensi terpercaya.

Jika kita menuliskan sebuah tulisan yang memuat informasi, ada baiknya jika informasi tersebut kita selipkan sumbernya atau referensi yang terpercaya. Hal ini berguna untuk mengangkat validasi tulisan kita di mata pembaca dan sekaligus menambah kelengkapan perbendaharaan pengetahuan tentang topik dalam tulisan kita tersebut.

Yup, kurang lebihnya begitulah kira-kira cara menulis yang baik dan benar hingga menghasilkan sebuah tulisan yang cukup berkualitas untuk di nikmati pembaca yang mengunjungi blog kita. Kalau belum bisa menulis yang baik, berlatihlah sedikit demi sedikit dan jangan terbujuk rayuan untuk asal copas konten blog orang!
Budayakan menjalani aktifitas blogging terutama saat menulis untuk anti copas dari blog lain. Ingat, aktifitas blogging itu pada intinya adalah untuk mengekspresikan apa saja yang ingin kita ekspresikan dan blog hanyalah sebagai medianya.

Pertahankah gaya kepenulisan kalian sendiri. Pembaca akan lebih suka dengan gaya kepenulisan kalian yang murni dari diri kalian sendiri ketimbang hasil bajakan dari karya milik orang lain.

Yup, apabila ada tanggapan atau tips dan trik menulis yang baik lainnya mohon dibagi lewat komentar d bawah ini ya? Mari kita majukan dunia blogging bersama-sama..!
Salam blogger..!

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak