Ikan Membalas Budi


Ikan Membalas Budi.
Pada zaman dinasti Song saat musim semi, Liu Zhen dari Zhianling dalam perjalanan pulang ke kota Peng, dia menginap di kota Shangming.

Pada malam itu rembulan sangat terang, ketika dia pulang dari makan malam, tiba-tiba di pinggir sungai dia melihat ada 2 orang yang berada di dalam perahu, kedua orang ini sedang memanggil namanya dan berkata, ”Saya berasal dari kota Shangming. Ingin bertemu dengan tuan.”


Liu Zhen mengangkat kepalanya memandang kedua orang tersebut, kedua orang ini sedang dari perahu naik ke pantai, mereka sangat tinggi, wajah mereka berdua sangat tampan, berpakaian mewah, mereka memakai pakaian putih.

Liu Zhen lantas lalu berjalan kehadapan mereka. Kedua orang tersebut berkata kepada Liu Zhen,” Sudah lama ingin bertemu dengan tuan, hari ini sungguh bernasib baik dapat bertemu dengan Tuan.”Kalian berasal dari kota Shangming, apa yang dapat saya bantu?”

Salah satu dari mereka berkata, “Saya mendengar tuan adalah seorang yang terpelajar yang berpengetahuan tinggi, kami ingin berdiskusi dengan tuan.” Lalu mereka bersama-sama duduk makan dan minum sambil mengobrol.

Setelah larut malam, kedua orang tersebut telah mabuk, mereka berdua tergeletak tertidur disana. Melihat hal tersebut Liu Zhen sangat heran, melihat disekeliling mereka tidak ada orang lain, dia tidak berani membangunkan mereka, lalu mengambil selimut dan menyelimuti mereka berdua.

Keesokkan paginya Liu Zhen ingin membangunkan mereka, lalu mengangkat selimutnya, dia melihat dibawah selimut ada 2 ekor ikan yang sangat besar terbaring disana, mata mereka berkedip sebentar, tetapi mereka terlihat sangat lelah. Liu Zhen tidak membunuh mereka, lalu mengangkat mereka berdua dan meletakkan ke sungai.

Pada malam itu Liu Zhen bermimpi bertemu dengan dua pemuda berpakaian putih tersebut, mereka masing-masing menggenggam sebutir mutiara besar, lalu meletakkan mutiara tersebut di pinggir tempat tidur Liu Zhen tanpa mengucapkan sepatah kata pun lalu berlalu dari sana.

Setelah pagi, Liu Zhen terbangun dipinggir tempat tidurnya dia melihat 2 butir mutiara, benar saja seperti di dalam mimpinya ikan putih tersebut memberi dia hadiah mutiara-mutiara untuk membalas budi karena dia tidak membunuh mereka. (hui)
Sumber: http://erabaru.net                                                  

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak