Mengenal arti Menopause dan Gejala – gejala menaopause

Menopause
Sekilas Mengenal arti Menopause dan Gejala – gejala menaopause
Akhir dari kemampuan wanita untuk bermenstruasi dan akhir dari masa kehamilan disebut Menopause. Menopause merupakan fase alamiah yang dialami setiap wanita kurang lebih ketika memasuki usia 45 – 50 tahun keatas. Tergantung pad kesehatan dan pengaruh – pengaruh lainnya. Ada beberapa faktor yang mendukung terjadinya proses menopause, seperti :


- Perubahan organ reproduksi. Seperti : Perubahan rahim mengecil, lipatan tuba falopi ( tempat berlangsungnya pembuahan ) menjadi lebih pendek, kandung kemih menurun.

- Perubahan Hormon. Menurunnya kadar hormon esterogen dan progesteron sehingga tidak dapaat menimbulkan selaput lendir rahim.

- Perubahan Fisik. Seperti : payudara mulai kendur, kekeringan cairan vagina, gangguan pada otot dan sendi – sendi, kulit mulai keriput

- Perubahan Psikologis. Seperti : daya ingat mulai menurun.

- Perubahan Biolgis. Seperti : keinginan untuk berseksual dengan pasangan berkurang / menurun, osteoporosis

- Penyakit Kista, Kanker Serviks ( mulut vagina ). Mungkin ada riwayat pernah mengalami operasi pengangkatan kista.

Banyak perubahan yang dapat kita ketahui ketika seorang wanita mengalami menopause. Terkadang menopause dikonotasikan sebagai hal negatif, bahkan dianggap sebagai mimpi buruk oleh sebagian wanita, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa menopause adalah suatu takdir yang dialami setiap wanita di dunia.
Tetapi menopause tidak hanya dialami oleh wanita yang bermenstruasi, menopause juga bisa terjadi pada kaum laki – laki, hanya ada beberapa perbedaan. Ada ynag menyatakan bahwa pria yang berusia 45 – 50 tahun masuk dalam masa pubertas kedua atau bisa dikatakan masih produktif tapi tergantung bagaimana keadaan fisik, bologis dan nutrisi.

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak