Panduan Lengkap Membuat Blog Blogger Blogspot


Panduan Lengkap Membuat Blog Blogger Blogspot | Cara Membuat Blog Dengan Blogspot Garatis
Banyak hal yang perlu dilakukan saat kita membuat blog di blogspot yang tentunya nama domain hal yang perlu diperhatikan karena akan menentukan keyword nantinya,Seperti nama domain blog ini dangstars.blogspot.com sebaiknya judul blog dibuat Dangstars nantinya di search engine dapat dengan mudah mengenali blog kita.Itu untuk awal-awalnya untuk selanjutnya boleh diubah sesuai keyword Anda semisal saya gunakan Vulkanisir Online kemudian bisa juga nantinya diganti Dangstars Blog supaya link dikenali search engine diberbagai keyword.

ok buat peamula Langsung saja ini langkah demi langkah cara membuat blogger di Blogspot terbaru :

1. Membuat Email di Gmail.com


Blogger.com sudah di akusisi oleh Google jadi langkah pertama dalam membuat blog di blogspot ialah kita wajib untuk memiliki akun GMAIL sebagai  email yang digunakan untu daftar di blogger.com. Walaupun sebenarnya bisa menggunakan email lain tapi percaya deh mending make GMAIL dari awal.

Cara Membuat Email di Gmail
Daftar GMAIL gratis buka www.gmail.com lalu klik di pojok kanan atas Create An Account atau Buat Akun


Tinggal isi data data di akun gmail yang akan dibuat seperti nama, tempat tanggal lahir , password dan lain-lain.
 

Biasanya dalam membuat email di GMAIL kita perlu verifikasi lewat nomor handphone jadi usahakan masukan nomor handphone yang bisa dikirimin sms dari Google untuk verifikasi.
Setelah email di Gmail dibuat baru kita bisa melanjutkan ke step 2 membuat blog.

2. Daftar di Blogger.com
Setelah membuat email di GMAIL sekarang saatnya daftar di www.Blogger.com

buka www.blogger.com lalu klik bagian kanan atas yang bertulisan 'sign up atau daftar'

 

Isi data-data sesuai keinginan :
  • email : email GMAIL yang kita buat tadi di tahap 1
  • Password : pilihlah password minimal 8 karakter
  • Display Name (nama tampilan) : Merupakan nama yang digunakan sebagai nama kita di akun blog nanti. Misal saya memilih nama "Dadang Supriadi" maka nama yang akan muncul ketika kita posting nanti ialah "posted by Dadang Supriadi atau diposting oleh Dadang Supriadi"
  • Gender (Jenis Kelamin) : pilih kelamin sesuai kenyataan atau kalau ragu pilih "other atau lainnya"
  • Birthday (tanggal lahir) : masukan dengan format tanggal/bulan/tahun misal jika tanggal lahir 27 nopembere 1975 maka yang dimasukkan = 27/11/1975 jika dalam format bahasa inggris seperti gambar dibawah maka format tanggalnya ialah bulan/tanggal/tahun
  • Word Verification (verifikasi) : masukan karakter yang terdapat di bawah
  • Lalu centang Acceptance of terms (penerimaan peryaratan)
  • Klik Continue / Lanjutkan

3. Membuat Blog | Cara Bikin Blog
Sampai proses diatas sobat sudah selesai cara membuat akun Blogger, sekarang saatnya membuat BLOGnya. 


Di akun blogger klik "Blog baru" untuk membuat blog. Lalu akan muncul halaman untuk memilih Judul, Alamat Blog dan Template.

 

Pilih Judul dan Alamat blog.

  • Judul digunakan sebagai penama blog, misal untuk blog ini dulu kuberi judul Blognya Dangstars Blog
  • Alamat merupakan url alamat blog yang diinginkan misal alamat blog dangstars.blogspot.com
Saran Akang  : dalam memilih judul dan nama blog jangan pilih yang aneh atau susah dieja maupun menggunakan simbol yang aneh-aneh. Pilih yang mudah diingat orang lain dan tidak membingungkan.

Memilih Template Blog
Ada berbagai template bawaan dari blogger yang tersedia sobat bisa memilih terserah sesuai dengan yang disuka lalu klik 'Buat Blog'


Saran Akang
: Dalam memilih template blog awal, akang lebih suka dengan template 'AWESOME' karena lebih terlihat simpel tanpa banyak background gambar. Template yang namanya 'Simple' justru sebenarnya tidak simpel seperti namanya karena menggunakan background dalam bentuk gambar sehingga berat untuk dibuka. 



Jangan asal mengganti template blog jika anda tidak ingin hal buruk terjadi di blog anda. Memang pengalaman ini pernah saya alami sendiri. Karena bosan, saya iseng mengganti template blog saya yang sudah lama tidak saya utak-atik. Jenuh dengan tampilan blog dan ingin merubah wajah blog yang tidak monoton. Bagi saya renovasi blog seperti ini memang perlu untuk menambah semangat dalam dunia blogging.

Namun apa yang terjadi? Berharap trafik blog menjadi bertambah dengan tampilan yang bagus dan elegan, tapi apa yang saya dapat? Justru trafik blog saya menurun drastis. Drop sampai beberapa hari. Waduh, ini membuat saya menyesal dengan perubahan yang telah saya lakukan.

Memang, untuk mengganti template blog sah-sah saja. Dan dapat dilakukan kapan saja. Namun anda harus ingat, beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum anda memutuskan untuk merubah template blog anda tersebut.
Ada beberapa hal yang harus anda pikirkan terlebih dulu sebelum menggantinya. Hal sensitif utama adalah banyaknya trafik yang anda dapatkan sekarang, hal terpenting menurut saya dalam blogging adalah trafik, pengunjung blog, page views. Ini menjadi dasar utama anda. Perubahan template blog seharusnya berbanding lurus dengan trafik yang anda dapatkan. Jika trafik blog menurun tajam, berarti template anda tidak cocok. Penggantian template seperti ini akan menjadikan anda merugi. Oleh karenanya, yang perlu digaris bawahi adalah Template yang menunjang trafik anda.

Bagaimana template yang menunjang trafik itu?
Nah, ini baru to the point-nya. Tidak semua template itu bagus. Apalagi yang gratisan. Rata-rata template yang berbayar memang bagus dan mahal karena memiliki fitur yang banyak. Namun bagi anda yang ingin mencari Free Template Berkualitas, maka anda harus pandai-pandai memilih dan memilah-milah satu demi satu template tersebut.
 
 Jika anda mementingkan tampilan, maka anda bebas pilih mana yang anda suka. Banyak template yang memiliki tampilan bagus-bagus. Namun jika orientasi anda adalah pada Kecepatan, SEO, Responsive, dan sebangsanya, maka anda terlebih dahulu mengujinya.
 
 
Untuk mengetes template agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka anda bisa mencoba tools berikut ini :
 
4. Blog Sudah Jadi
Selamat ! sampai disini blog sudah berhasil dibuat, namun masih kosong. Setelah ini akan ada beberapa hal yang perlu di setting sebelum melakukan posting.

Untuk melihat blog yang baru dibuat bisa langsung mencoba dengan langsung mengetikan alamat blog yang baru dibuat tadi di browser contoh : dangstars.blogspot.com

5. Jangan lupa cek email yang didaftarkan tadi untuk memverifikasi akun google kita .

Di email yang kita daftarkan pada tahap 1 nanti akan ada "

Google Email Verification


" buka dan klik link yang ada di dalam email tersebut


6. Hal Yang Dilakukan Setelah Membuat Blog
Sebelum posting ada beberapa hal yang menurutku perlu di atur dulu dari blog sobat diantaranya :
  
keterangan :
1. Membuat Postingan / Tulisan Baru
2. Melihat Postingan / mengedit post
3. Mengatur Widget
4. Setting
5. Mengatur Tampilan Template : warna dan lain-lain
6. Blog Baru, Satu akun blogger bisa digunakan untuk membuat banyak blog jadi sobat bisa menambah blog lain cukup dengan 1 akun blogger saja.

Setelah Kelar semua nya tentunya anda tinggal membikin postingan.
Dan ikuti tahapan lainnya Diantaranya :  

Setelah kita membuat blog, yang harus kita lakukan apa? Untuk membuat blog itu sangat mudah sekali, kita tinggal registrasi, yang mungkin tidak akan memakan wakktu yang banyak, mungkin hanya butuh waktu 5-10 menit. Yang sulit dalam blog yaitu melakuan apa saja setelah membuat blog itu.
 
Mengisi Blog Kita dengan Tulisan Kita
Setelah blog kita jadi kita mengisi blog kita dengan konten yang bermutu, itu di tentuka dari kreatifitas kita sendiri, bisa saja kita menulis di blog kita dengan suatu kategori tertentu, misalnya membahas, tentang penidikan, photo-photo unik, atau bahkan kegiatan dan pengalaman kita sendiri.

Mendaftarkan Blog Ke Mesin Pencari
Walau sebenarnya blog kita secara otomatis sudah terdeteksi leh mesin pencari, lebih baik kita juaga mendaftarkanya sendiri karena hal itu akan lebih mempercepat blog kita terindeks di Mesin pencari, misalnya google.Untuk daftar sebaiknya kamu baca artikel berikut ini

Mempromosikan Blog Kita
Hal ini penting untuk mmencari pengunjung yang akanmembaca dan melihat blog kita, semakin kiat rajin berpromosi, maka akan semakin besar kemungkinan blog kiat di kunjungi. SAlah satu contoh promosi ang dapat kita lakukan yaitu blog walking berkinjung ke blog-blog dan meninggalkan jejak, meningglkan URL blog kita. Untuk cara mempromosikan blog banyak caranya, Lengkap disini.

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak