Agar Tidur Anda Lebih Berkualitas

Agar Tidur Anda Lebih Berkualitas

Agar Tidur Anda Lebih Berkualitas | Kondisi tubuh yang segar dan fit merupakan harapan setiap orang setelah bangun tidur. Namun tak jarang tidur justru dapat membuat badan menjadi pegal sehingga tubuh jadi kurang segar.  Berikut ini  adalah tip yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur sehingga dapat bangun lebih segar :

1. Lingkungan tidur

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah tidur atau yang sudah parah disebut dengan insomnia. Jika Anda mengalaminya, jangan pernah membiarkannya, karena banyak sekali manfaat tidur dengan kualitas baik. Anda harus melakukan upaya-upaya tertentu, salah satunya yaitu dengan menjaga kenyamanan lingkungan tidur. Pastikan lingkungan untuk tidur tenang, suhu udara sesuai (sebagian orang menyukai suhu sejuk untuk tidur, namun sebagian menyukai suhu yang lebih hangat), cahaya ruangan cukup redup karena dapat merangsang hormon tidur melatonin. Sebaiknya Anda tidur selama delapan jam per hari, dan semakin awal Anda tidur akan semakin baik.

2. Makanan dan minuman

Jangan makan melebihi dua jam sebelum tidur, selain itu hindari kafein dan alkohol menjelang tidur. Sebaliknya minum minuman yang dapat membuat perasaan rileks, seperti teh chamomile sekitar satu sampai dua jam sebelum tidur. Atau Anda dapat mencoba the murbei, karena efeknya yang menenangkan dan membantu kadar gula darah sehingga membantu Anda untuk tidur. Anda juga bisa taburi beberapa tetes minyak lavender atau lemon balm pada bantal Anda.

3. Biasakan olahraga

Pastikan Anda berolahraga secara teratur. Ini memiliki efek yang sangat positif pada tidur serta membantu dalam manajemen stres. Setidaknya lakukan tiga kali dalam seminggu, masing-masing satu jam. Namun hindari berolahraga terlalu berat, usahakan porsi olahraga sedang, yaitu sekitar 45 menit, dan 15 menit lainnya untuk pernapasan dan peregangan. Latihan ini akan membuat tubuh jauh dari stres dan menenangkan untuk tidur.

4. Peregangan sebelum tidur

Sebelum tidur, ada baiknya Anda melakukan peregangan. Anda dapat melakukan yoga yang memiliki efek menenangkan. Lakukan sambil duduk di tempat tidur Anda, kemudian luruskan kaki ke depan dan cobalah untuk menyentuh pergelangan kaki Anda. Lakukan dengan santai sehingga tidak perlu memaksakan bila tidak bisa hingga mencium lutut, sebaliknya Anda malah dapat menaruh bantal di lutut Anda untuk menyandarkan kepala Anda. Kemudian tahan selama lima menit, dan atur nafas Anda. Postur ini berguna untuk menenangkan sistem saraf, menurunkan tekanan darah dan membantu menghilangkan sakit kepala, yang semuanya akan meningkatkan kualitas tidur Anda

5. Matikan alat elektronik

Seringkali televisi dan laptop yang berada dalam lingkungan tidur jika dibiarkan menyala saat akan tidur malah akan mengganggu tidur Anda. Cahaya yang ditimbulkan dari alat-alat elektronik itu dapat mengaktifkan korteks serebral otak (bagian otak untuk berpikir). Oleh karenanya, sebaiknya matikan semua peralatan elektronik ketika Anda akan tidur.




Sumber :
Daily Telegraph