Biaya Modifikasi BMW Ini Capai Rp 1 Milyar



Biaya Modifikasi BMW Ini Capai Rp 1 Milyar
Untuk merombak mobil kesayangannya beraliras racing car dan akstrim, sang empu harus merogoh kocek hingga 1 M.
Kontes modifikasi mobil, Classmild Accelera Auto Contest (CMAAC) 2012 babak akhir hari ini memasuki babak penentuan, dimana dewan juri akan segera mengumumkan pemenang Best of the Best CMAAC 2012.

Hari ini, Minggu (23/12), pengunjung telah membludak sejak dari pukul 10 pagi tadi. Banyaknya kendaraan unik dan hiburan yang tidak membosankan, menjadi alasan tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Salah satunya adalah mobil BMW milik kontestan bernama adalah Ricky Prafitra Iqbal. Member dari komunitas Ketombe Auto Club ini menurunkan mobil BMW 323 tahun 1996 yang sudah mendapat sentuhan modifikasi racing dari sang empunya.


 
Ricky menyerahkan tunggangan berkelir biru tersebut ke tangan DJM Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur. Mobil asal Eropa tersebut disulap menjadi tunggangan keren, stylish, ekstrem dan 'nyeleneh'. Revisi dilakukan di sekujur tubuh tunggangan, baik engine, ekterior, interior, kaki-kaki maupun sistem penghibur kabin. Sang Empu pun memberi namanya si BMW 'FEREK" alias Full Entertaiment Racing Car.


Jubah standar kendaraan 'digudangkan' dan diganti dengan bodykit E92. Untuk penerangan sang tuner mengandalkan lampu HID. Beberapa modifikasi yang dilakukan di bagian eksterior antara lain grill karbon, spion, emblem karbon E92, Door N Hood, sayap karbon, tutup bensin sparco, tubular sasis dan roll bar, full body convertion, penyematan engsel dan sunroof webasto 300 large.

Untuk menambah keren tampilan luar, custom full glass dan custom air brush diberikan di seluruh tubuh luar kendaraan.

Masuk ke bagian kabin dalam, Anda akan dibuat takjub dengan konsep mewah, sport dan ekstrem.bagian jok penumpang dihilangkan dan diganti dengan sisitem audio SQL yang seluruhnya menggunakan merek audio Cello, seperti speaker 5 dan 6 inch, subwoofer, power, tv, head unit dan processor. 

Gemerlap lampu merah, kuning, hijau, biru dan ungu di ruang interior menambah kesan 'soul out' kendaraan. "Saya suka dengan racing, oleh karena itu interior saya sengaja buat full racing dengan penambahan audio Cello," ujar pengusaha muda ini.

Interior sedan ini hampir 99% sudah mengalami modifikasi, mulai dari momo hand brake, momo shift knop, momo custom carbon steer, jok sparco A1, takata 4 point seat belt, tilton pedal box, karbon interior, dashboard - pilar dan door trim custom serta penggunaan shadow turbo timer.

Selesai meramu kabin interior, Ricky pun tak mau bagian kaki-kaki mobil andalannya itu terabaikan. Walhasil, seluruh piranti kaki-kaki bawaan pabrikan dilepas dan diganti dengan Worg Gnosis HS202, ban Accelera 275/30/20 (depan) dan Toyo 305/25/20 (belakang), suspensi D2 adjustable dan Kamber Kit, D2 front Big Brake Kit 8 Pot 356mm, Strut Bar SPR, Chrome dan Rear Strut Bar Ultra.

Selesai bagian penampilan, saar merombak isi di balik kap mesin. DJM Auto menyematkan HKS Air Filter, F1 Stage 3 Clutch + flywheel, Porting + Balance + Sok Boring + 3 Angle Valve. "Ini untuk penyeimbang mesin saja, karena bobotnya sudah bertambah berat," kata Ricky.

Ricky juga meminta bengkel langganannya tersebut menyematkan Turbonetics External Wastegate R0-45, Turbonetics Ball Bearing GTK 850, cranckshaft 2.800 cc sehingga mesin dari tenaga standar 170 hp naik menjadi 800 hp. "Saya harus total. Maksimal juara Championnya lah. Saya habis 1 M untuk merombak mobil ini dari Mei sampai Desember," tutup Ricky.

Well, semoga menang Ricky! (Putri)  - http://id.carmall.com/