Hal yang membuat jumlah sperma menurun

Hal yang membuat jumlah sperma menurun

Hal yang membuat jumlah sperma menurun | Gaya hidup yang dijalani bukan hanya mempengaruhi kesehatan secara umum, tetapi juga jumlah sperma yang dihasilkan pria. Jika Anda para pria tetap melakukan 11 hal seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini, bukan tidak mungkin Anda akan kesulitan membuat istri cepat hamil.

Makanan kaleng

Senyawa kimia berbahaya BPA (bisphenol A) bisa menurunkan produksi dan kecepatan bergerak sperma. Sementara BPA sendiri sering ditemukan pada makanan kaleng instan.

Sex toys

Bahan plastik tertentu yang digunakan untuk membuat Sex toys cenderung memicu pengeluaran senyawa kimia berbahaya yang dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma pria.

Produk mandi

Phthalate ternyata juga ditemukan dalam produk mandi seperti sampo, sabun, krim cukur, dan deodoran. Jadi pilih produk mandi yang alami demi menjaga kualitas sperma.

Mariyuana

Bukan rahasia umum kalau rokok buruk untuk sperma. Tetapi merokok mariyuana ternyata juga tidak lebih baik dampaknya bagi sperma. Jadi sebaiknya hindari segala jenis rokok kalau tidak ingin jumlah sperma menurun.

Stres

Stres mampu membuat jumlah sperma menurun drastis. Kenapa? Sebab stres menghambat produksi hormon testosteron yang menghasilkan sperma.

Alkohol

Selain merokok, alkohol juga memberi dampak buruk bagi sperma. Jadi kalau tidak ingin jumlah sperma menurun, hentikan kebiasaan minum alkohol sekarang juga.

Struk belanja

BPA pun ditemukan pada beberapa kertas struk belanja dari supermarket. Senyawa kimia itu masuk melalui kulit, atau mulut yang kemudian mengalir ke saluran pencernaan. Maka dari itu segera cuci tangan setelah menerima struk belanja.

Kedelai

Kandungan isoflavon pada produk kedelai berhubungan dengan produksi sperma yang menurun. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian pada tahun 2010 lalu.

Ikan yang terkontaminasi 

Polychlorinated biphenyls (PCBs) merupakan senyawa kimia beracun yang sudah dilarang penggunaannya tetapi masih sering ditemukan pada ikan. Jadi pilih ikan segar yang aman demi menjaga kualitas sperma Anda.

Wajan

Wajan seperti Teflon atau penggorengan anti lengket lainnya mengandung senyawa kimia tertentu yang bisa menurunkan jumlah sperma, demikian menurut penelitian dari Denmark.

Menunda bercinta

Pria biasanya memilih untuk menunda aktivitas seksual dan menunggu pasangannya sampai masa ovulasi tiba. Jangan lakukan hal ini. Sebab menunda bercinta dan ejakulasi justru membuat kualitas sperma menurun.
Itulah hal-hal yang bisa menurunkan jumlah dan kualitas sperma pria. Jangan sampai Anda melakukannya ya!