Jangan Menghukum Anak Saat Kita Marah


Jangan Menghukum Anak Saat Kita Marah |  Hal yang perlu kita perhatikan dan selalu ingat adalah jangan pernah memberikan sanksi atau hukuman apa pun pada anak ketika kita sedang marah apalagi dalam kondisi emosi sedang memuncak. Pada saat kita sedang marah atau emosi kita sedang tinggi, apapun yang keluar dari mulut kita, baik dalam bentuk kata-kata atau hukuman akan cenderung untuk menyakiti dan menghakimi dan tidak menjadikan anak kita lebih baik.

Selain kita akan menyesal dikemudian hari, akibat yang sangat fatal adalah kita telah melukai hati anak kita dan anak seringkali tidak bisa melupakan kejadian itu meski ia telah beranjak dewasa. Anak juga bisa mendendam pada orangtuanya karena sering mendapatkan perlakuan diluar batas.
Ingatlah selalu :

1. Bila kita dalam keadaan sangat marah, segeralah menjauh dari anak. Pilihlah cara yang tepat untuk bisa menurunkan amarah kita dengan segera. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda,seperti masuk kamar atau mandi dengan air yang sejuk. Pilihlah cara yang lebih cocok untuk kita.

2. Saat marah kita cenderung memberikan hukuman yang seberat-beratnya pada anak kita. Padahal sanksi atau hukuman yang baik adalah bukan untuk menyakiti, tetapi untuk menyadarkan anak supaya ia memahami perilaku buruknya. Sanksi atau hukuman yang berat terutama fisik hanya akan menimbulkan perlawanan baru yang lebih kuat dari anak kita. 

Jika kita bertekad untuk tetap memberikan sanksi atau hukuman,tundalah sampai emosi kita mereda. Setelah itu pilih dan susunlah bentuk sanksi atau hukuman yang mendidik dan tepat dengan konteks kesalahan yang diperbuatnya. Ingat, prinsip hukuman adalah untuk mendidik bukan untuk menyakiti. Pilihlah bentuk sanksi atau hukuman yang mengurangi aktivitas yang disukainya,seperti mengurangi waktu main game atau bermain sepeda.