Megawati Minta Cagub Sumut Jalankan Program Trisakti

Megawati Minta Cagub Sumut Jalankan Program Trisakti

Megawati Minta Cagub Sumut Jalankan Program Trisakti Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta calon Gubernur Sumatra Utara Effendi Simbolon bersama pasangannya Djumiran Abdi menjalankan program Trisakti dengan selalu berpihak pada rakyat.

"Secara prinsip harus mengetahui mereka diusung PDIP yang mempunyai ideologi jelas yaitu Pancasila. Dalam tataran lapangan kami selalu memberikan suatu pengejawantahan untuk melakukan program-program trisakti yaitu berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkpribadian di bidang budaya," kata Megawati dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (11/12).

Effendi dan Djumiran secara resmi diusung PDIP dalam pemilihan kepala daerah (pemilu kada) Sumatra Utara 2013.

Megawati menekankan program Trisakti jelas berpihak pada rakyat. Dengan menjalankan program itu dia mengharapkan Effendi dan Djumiran sebagai pasangan calon yang diusung PDIP sebagai Cagub dan Cawagub Sumatra Utara bisa dengan mudah mengatasi masalah-masalah yang ada di sana.

Megawati juga meminta Effendi dan Djumiran tidak terlalu banyak janji. Keduanya diharapkan dapat merealisasikan hal-hal yang dapat diselesaikan secara prioritas.

"Seandainya jadi, harus diingat bahwa waktu lima tahun programnya bisa kurang maksimal, sehingga secara teoritis seharusnya memang harus maju dua kali yakni 10 tahun, dan itu jangka pendek," kata dia.

Mega menegaskan bahwa PDIP tidak pernah memiliki rencana kekalahan dalam setiap pilkada yang dijalani.

Menurut dia target kemenangan harus sudah diemban pasangan sejak awal.

"Saya tidak pernah pakai resep kalah, bukan berarti arogan atau sombong. Tapi parpol kan tujuannya mempunyai target mencapai kemenangan, jadi tentu semua instruksinya harus menang, dan seandainya di lapangan terjadi kekalahan, itu berarti kalah strategi, kalah fighting," ujar dia.

Hari ini, Effendi dan Djumiran menyambangi Kantor DPP PDIP untuk meminta dukungan dan nasihat politik dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pasangan tersebut juga meminta dukungan Joko Widodo yang telah meraih sukses dalam pemilu kada DKI Jakarta bersama PDIP.

Effendi Simbolon mengatakan Megawati telah mengukuhkan sebuah nama singkatan bagi dirinya dan Djumiran Abdi dalam mencalonkan diri sebagai Cagub dan Cawagub Sumatera Utara yakni ESDA.

"ESDA itu merupakan simbolis seperti kotak-kotak zamannya Pak Jokowi," kata Effendi yang juga anggota Komisi VII DPR itu.
Sumber:Antara