Panel Meter Digital Bergaya "Widget" Tablet


Panel Meter Digital Bergaya "Widget" Tablet
Kini tidak hanya layar Multi-information Display (MID) - di bagian tengah dasbor - menayangkan berbagai informasi dengan susunan (layout) menarik, tetapi juga panel atau klaster meter (juga disebut panel instrumen atau meter kombinasi) di depan pengemudi. Malah penampilannya lebih gaya, mirip widget pada smartphone atau tablet dan dapat diubah sesuai selera pengemudinya. Salah satu model mobil yang sudah menggunakannya adalah Cadillac XTS Premium atau Platinum.

Lebih menarik lagi, ukuran kluster meter ini 12,3 inci atau 312 mm. Lebih besar dari tablet atau iPad paling besar yang ada selama ini. Alhasil, penggemudi mudah membacanya, tidak membosan dan juga makin keren. Disediakan empat  plihan susunan tayangan atau model widget, dari yang sederhana sampai dan lebih lengkap.


Pilihan
Tayangan informasi dikontrol melalui tombol yang berada di setir, ke atas-bawah atau samping kanan-kiri. Setiap widget menayangkan kecepatan (speedometer) dan konsumsi bahan bakar, secara terus-menerus mirip kluster meter model lama atau analog.
“Kami menghabiskan waktu dengan pemilik seluruh jenis mobil untuk mempelajari cara mereka menggunakan radio, navigasi, menyetel hape dan fitur konektivitas lainnya,” kata Scott Martin, Senior Creative Designer Cluster Layout tentang pemilihan tayangan dari empat susunan yang dipilih.

Susunan Tayangan
Empat tayanangan yang bisa diganti-ganti tersebut adalah “
Balanced, Performance, Enhanced dan Simpledisplay atau layout.

Balanced”, merupakan “default”, dirancang untuk pengemudi dengan susunan dan bentuk tradisional. Pilihan ini juga menentukan ukuran kualitas grafis. Layar menayangkan dalam susunan tiga zona untuk speedometer, tachometer, jumlah bahan bakar, informasi stasiun radio dan suhu di luar mobil.

“Performance”,
untuk pengemudi yang menginginkan informasi mobil saja. Layar tampak bersih karena yang ditampilkan hanya peedometer di kanan dan tachometer di kiri. Pengemudi juga dapat memodifikasi dengan menampilkan informasi lain, misalnya konsumsi bahan bakar dan tekanan ban.  

"Enhanced”
, desainnya diilhami gaya halaman web dengan fitur antara lain peta navigasi di kiri, kecepatan digital di tengah dan bahan bakar di kanan. Susunannya sederhana dan bersih. Pengemudi bisa menggeser tayangan informasi dengan menekan arah tombol di setir.

“Simple”,
minimalis. Informasi yang ditampilkan hanya kecepatan, bahan bakar dan audio, dengan informasi tambahan sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Setiap susunan kluster ini juga memungkinkan pengguna melihat informasi tambahan melalui “screen-within-screen” atau “layar-di dalam-layar”. Untuk yang terakhir, layar kecil muncul di tengah speedometer dan tachometer, pengemudi dapat melihat rute navigasi dan mengontrol radio di antara fitur lainnya.

Sumber