Sering pakai lipstik picu penurunan IQ

Sering pakai lipstik picu penurunan IQ

Sering pakai lipstik picu penurunan IQ |   Underwriters Laboratories mengungkapkan bahwa 12 dari 22 sampel yang diuji positif mengandung zat beracun. Mereka juga menemukan 55 persen kandungan timbal pada semua merek yang diteliti.

Dr Sean Palfrey, direktur medis untuk program pencegahan keracunan timbal Boston, mengatakan bahwa tingkat paparan timbal yang rendah dapat menimbulkan risiko kesehatan serius serta mempengaruhi kesehatan mental.



"Kini, kita tahu bahwa tingkat paparan timbal yang rendah dapat membahayakan IQ, perilaku, dan kemampuan Anda untuk belajar," kata Dr Sean perihal efek dari pemakaian lipstik, seperti dilansir Daily Mail (3/12).



Pernyataan serupa juga dilontarkan Dr Halyna Breslawec selaku kepala ilmuwan Personal Care Products Council. Ia berharap masyarakat memperhatikan aspek kesehatan terkait paparan timbal. 



Ironisnya, ini bukan pertama kalinya ilmuwan menemukan kandungan kimia berbahaya pada kosmetik. Penelitian lain yang dilakukan awal tahun ini juga mengungkapkan bahwa 400 warna lipstik yang populer di pasaran mengandung jejak timbal.

Namun, bisakah wanita berhenti pakai lipstik?

[des]