Tips dan Cara Agar Tetap Fokus Bekerja


Tips dan Cara Agar Tetap Fokus Bekerja
Seringkali ketika kita bertekad menyelesaikan pekerjaan secepatnya, tiba-tiba terjadi sesuatu yang menyebabkan pemikiran dan perhatian kita tersita. Lima menit, sepuluh menit berlalu. Bahkan kadang-kadang sampai lebih dari satu jam.
Saat kembali bekerja, kita kehilangan konsentrasi dan harus berusaha mensinkronkan hati dan pikiran untuk memulainya, dengan kata lain tidak bisa tetap fokus di tempat kerja sehingga produktifitas berkurang.
Karena tidak mungkin menutup diri keluar meskipun kita sangat sibuk, maka keputusan untuk tetap fokus di tempat kerja berada di tangan Anda. Yakni temukan teknik yang tepat, tetapkan prioritas, dan berpegang teguh pada prioritas Anda. Jika Anda tidak ingin segera tau caranya, perhatikan beberapa tips yang membantu anda tetap fokus pada pekerjaan.
1. Berusahalah agar apa yang dilakukan inspiratif dan menyenangkan
Setiap pekerjaan penting atau rutin membutuhkan fokus yang lebih besar. Sebelum memulai sesuatu, tanyakan pada diri Anda mengapa Anda harus melakukannya. Dari jawaban tersebut, Anda tahu hasil yang diinginkan – dan dengan demikian Anda menghargai pekerjaan tersebut. Kemudian temukan cara untuk melakukan pekerjaan yang menyenangkan, biasanya pekerjaan ini membutuhkan kreativitas dan imajinasi. Hal ini akan lebih mudah membuat anda tetap fokus di tempat kerja.
2. Pilih kursi dan meja kombo

Banyak orang merasakan kerja fisik yang berat padahal sebagian besar waktu mereka duduk di belakang meja. Jangan kehilangan waktu yang berharga dan terganggu akibat ketidaknyamanan. Bila memungkinkan di tempat kerja, gunakan kursi yang ergonomis. Jika pekerjaan anda banyak menggunakan komputer, anda harus mengambil waktu beberapa menit dalam satu jam untuk merilekskan mata dan otot.

3. Pastikan Peralatan Kerja Anda terorganisir
Peralatan kerja yang tidak terorganisir dapat membuat anda terganggu. Agar tetap fokus di tempat kerja, susunlah peralatan kerja berdasarkan frekuensi penggunaannya. Peralatan yang jarang anda gunakan sebaiknya dijauhkan. Miliki tempat khusus untuk meletak makanan dan minuman, tas atau dompet, dan barang-barang pribadi lainnya. Tetapi hendaknya berada dalam jangkauan sehingga Anda bisa mengambil minum tanpa kehilangan fokus pada apa yang Anda lakukan.

4. Buat komputer Anda bebas gangguan
Hal ini sangat penting bagi Anda yang menggunakan PC dalam bekerja. Buat short-cut semua program yang rutin digunakan. Buat folder masing-masing dari file yang berhubungan dalam satu tugas. Kemudian memastikan PC Anda selalu bebas virus, karena begitu Anda kehilangan file tugas, maka kemungkinan besar Anda badmood dan akhirnya kurang berminat menyelesaikan pekerjaan.

5. Pastikan selalu ada air minum di dekat anda
Air minum tidak hanya sehat, tetapi juga menyegarkan. Setelah Anda merasakan tanda pertama kelelahan atau kelaparan, segelas air dapat membuat perasaan Anda lebih enak. Kemudian Anda dapat meneruskan pekerjaan atau mengerjakannya di lain waktu. Pastikan air minum Anda berada dalam jangkauan lengan. Dengan begitu Anda tetap fokus di tempat kerja tanpa harus menghabiskan beberapa menit untuk mendapatkan segelas air.

6. Bawa makanan ringan
Selain air, makanan ringan juga dapat membantu Anda disaat-saat anda merasa lapar sebelum waktu istirahat atau makan siang. Misalnya anda tidak sempat sarapan karena harus terburu-buru kekantor. Di sela pekerjaan, Anda dapat mengganti sarapan dengan makanan ringan.

7. Buatlah daftar tugas harian
Daftar tugas yang anda letak di atas meja kerja Anda (atau di tempat mencolok seperti di dinding) dapat membantu produktifitas Anda. Hindari menggunakan ponsel atau gadget jika tidak ada urusan penting, SMS dan email yang tidak penting tidak perlu segera dibalas.
Dengan menggunakan daftar tugas harian, anda luput dari kelupaan, bahkan Anda dapat menggunakan waktu lebih efektif.
8. Buat prioritas tugas-tugas Anda
Dua jam pertama di tempat kerja adalah saat dimana kebanyakan orang produktif. Hal ini karena semua energi masih tersimpan saat Anda baru memulai aktivitas. Jadi, kerjakan tugas yang lebih mendesak, sulit dan menantang pada jam-jam pertama, kemudian diakhiri dengan tugas-tugas rutin yang Anda rasa agak membosankan.

Metode tersebut membuat Anda tetap fokus di tempat kerja, tanpa menghabiskan waktu yang berharga untuk melakukan tugas yang Anda tidak suka. Jika anda membuat prioritas, maka Anda tidak akan stress dengan tugas-tugas penting di akhir pekan atau bulan.

9. Biarkan orang lain tahu disiplin kerja Anda
Jika Anda bertekad membuat disiplin pribadi di tempat kerja, biarkan orang lain tahu hal itu. Rekan kerja Anda akan membiarkan anda sendirian pada jam-jam di mana Anda berfokus pada pekerjaan. Ini benar-benar penting. Dan mereka akan tahu kapan Anda punya waktu luang, dimana Anda dan rekan kerja dapat berbicara selama periode tersebut. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena mereka juga menginginkan hal yang sama.

10. Gunakan situs jejaring sosial secara bijak
Situs jejaring sosial tidak dimaksudkan untuk anda periksa setiap saat. Jadi buat aturan bagi diri Anda untuk log in hanya jika ada waktu luang setelah tugas-tugas anda sudah beres. Memang, ada kecenderungan kuat untuk mengetahui update terbaru di situs jejaring sosial. Ada yang berpendapat bahwa membuka facebook dikantor pada jam-jam dimana orang mengalami kejenuhan dapat menggantikan peran kopi. Ngantuk dan jenuh bisa hilang segera. Jika hal ini berlaku bagi anda, gunakanlah jejaring sosial seperlunya, pastikan tidak menghambat produktivitas Anda.