5 Fakta tersembunyi tentang vitamin D


5 Fakta tersembunyi tentang vitamin D
Vitamin D adalah nutrisi penting yang digunakan untuk menguatkan tulang dan menghindari osteoporosis. Vitamin D bisa ditemukan dalam beberapa makanan seperti salmon, susu, dan telur. Meski begitu, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi tingkat vitamin D dalam tubuh seseorang. Berikut ini adalah beberapa hal yang tak Anda ketahui tentang vitamin D, seperti dilansir oleh Third Age (13/01).

1. Tempat tinggal
Semakin rendah iklim wilayah, semakin sedikit pula sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi. Untuk itu, Anda tak akan banyak mendapatkan vitamin D dari matahari jika Anda tinggal di tempat beriklim rendah. Tak hanya itu, matahari juga tak bisa memberikan banyak vitamin D jika Anda menggunakan baju tebal.

2. Kondisi udara
Peneliti di Harvard Medical School mengatakan bahwa partikel karbon dari pembakaran bahan bakar fosil bisa menghancurkan sinar UVB yang ada di udara. Namun mereka juga mengatakan bahwa polusi yang menyebabkan lubang pada ozon bisa meningkatkan produksi vitamin D.

3. Pemakaian tabir surya
Anda tak bisa mendapatkan asupan vitamin D dari matahari jika menggunakan tabir surya. Meski begitu, jika tabir surya yang digunakan tidak banyak, maka vitamin D dari matahari masih bisa masuk. Akan lebih baik jika tabir surya digunakan pada saat siang hari, untuk menghalangi efek buruk dari sinar matahari. Sementara di pagi hari, Anda bisa mandi matahari dan mendapatkan asupan vitamin D tanpa menggunakan tabir surya.

4. Warna kulit
Melanin adalah zat yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Zat ini membuat kulit tak banyak menyerap sinar matahari UVB. Sehingga jika membutuhkan banyak asupan vitamin D dari matahari, orang yang berkulit lebih gelap membutuhkan waktu lebih lama di bawah matahari.

5. Berat badan
Lemak tubuh menyerap vitamin D, namun tak bisa mengeluarkannya jika sedang dibutuhkan. Hal ini membuat orang yang kelebihan berat badan memiliki tingkat vitamin D lebih rendah dibanding orang dengan berat badan normal. Tak hanya itu, semakin Semakin bertambah usia seseorang, efek vitamin D pada kulit akan semakin berkurang.

Itulah beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui mengenai vitamin D dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada tubuh Anda.

Sumber http://www.merdeka.com