Foto Kontroversial Anggota AKB48 Diprotes Masyarakat Jepang

Foto Kontroversial Anggota AKB48 Diprotes Masyarakat Jepang
Shukan Young Magazine, sebuah majalah komik mingguan yang diterbitkan oleh Kodansha, menunda rilis edisi terbarunya berkait dengan pemasangan sebuah foto kontroversial dari Tomomi Kasai (21), seorang anggota idol group Jepang, AKB48. Para editor majalah itu juga menyatakan bahwa foto iklan tersebut, "tidak pantas".

Foto "setengah badan" itu memperlihatkan Kasai tanpa busana dan bagian dadanya ditutupi oleh kedua telapak tangan seorang anak laki-laki bule. Foto tersebut diduga dipasang untuk mempromosikan buku foto perdana Kasai, yang berjudul Tomo no koto, suki? (Do you like Tomo?) dan dijadwalkan akan dirilis pada 4 Februari 2013.

Situs berita dari surat kabar olahraga Nikkan Cyzo, yang juga memasang foto iklan itu, menyebut bahwa pihak surat kabar itu menerima pula keberatan dari para pembacanya. Sejumlah netizen juga mengungkapkan kemuakan mereka atas foto tersebut, dengan keprihatinan bahwa itu merupakan satu bentuk pelecehan anak atau pornografi anak.

Para editor majalah tersebut telah memutuskan untuk menarik foto itu dari publikasi karena, "memuat ekspresi yang tak pantas" dan juga "secara sosial tidak bisa diterima mengingat foto itu akan menimbulkan perasaan tak menyenangkan bagi para pembacanya".

Majalah komik mingguan itu biasanya menampilkan foto-foto para idola mengenakan pakaian renang pada sampulnya. Namun, foto Kasai dianggap terlalu seronok untuk para pembacanya.

Akibatnya, rilis edisi terbaru majalah tersebut, yang tadinya dijadwalkan akan diterbitkan pada 12 Januari 2013, diundur. Edisi itu akan dirilis sebagai edisi berikutnya.

Sumber :
japandailypress.com