iPhone Murah Dibanderol 1,5 Juta ?



iPhone Murah Dibanderol 1,5 Juta? | Rumor tentang smartphone Apple iPhone versi murah terus bergulir. Salah satu yang terbaru, seperti dikutip Phone Arena dari Bloomberg, menyebutkan bahwa ponsel low-end dari perusahaan raksasa mobile itu akan dibanderol seharga 99 hingga 149 dollar AS atau tak sampai Rp 1,5 juta.

Menurut sumber yang dikutip dalam laporan Bloomberg, Apple memang berencana membuat versi iPhone yang berukuran lebih kecil dan dihargai lebih murah untuk merengkuh pasar di negara berkembang.

Sumber yang bersangkutan juga menyebut bahwa iPhone murah ini akan memasuki pasar pada akhir 2013.

iPhone versi murah disinyalir bisa membantu Apple dalam bersaing dengan produsen gadget mobile lainnya seperti Samsung yang mengandalkan sistem operasi Android bikinan Google.

Hingga kuartal ketiga 2012 lalu, sistem operasi open-source ini memang menguasai pangsa pasar yang jauh lebih besar dibandingkan Apple, yaitu 75 persen berbanding 15 persen, menurut data dari IDC.

Informasi lain menyebutkan bahwa iPhone versi murah sudah dipertimbangkan dengan serius sejak Februari 2011, atau dengan kata lain rencananya telah ada ketika Apple masih dipimpin mendiang Steve Jobs.

iPhone versi murah tersebut kabarnya akan dibangun menggunakan komponen-komponen yang sudah ada saat ini, tapi dimensi fisiknya akan lebih kecil dibanding iPhone 5. Sempat pula beredar kabar bahwa iPhone low-end ini akan datang dalam casing warna warni, seperti iPhone 5S.
 
iPhone 5S
Hingga saat ini, hanya ada dua warna iPhone yang disediakan oleh Apple, yaitu hitam dan putih. Namun, menurut seorang analis asal Jefferies & Company, Peter Misek, kemungkinan besar Apple akan menambah beberapa warna baru yang lebih ceria pada iPhone generasi berikutnya, iPhone 5S.

Pada pertengahan September 2012, Apple merilis iPod Touch generasi 5 yang hadir dengan berbagai pilihan warna, seperti merah muda, kuning, biru, putih, silver, hitam, dan slate.

Nah, menurut prediksi Misek, kemungkinan besar iPhone 5S akan mengadopsi gaya warna-warni seperti yang digunakan di perangkat iPod Touch tersebut. Nantinya, akan ada 6 hingga 8 pilihan warna untuk iPhone generasi 7 ini.

Selain itu, seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (11/12/2012), iPhone 5S akan dipersenjatai komponen NFC, baterai dengan daya yang lebih baik, dan layar Super HD.
Misek tidak memberikan detail mengenai apa yang dimaksud dengan layar Super HD. Kemungkinan, layar di ponsel pintar baru Apple ini nantinya akan mendukung resolusi 720p atau 1080p.

Misek juga membuat sebuah prediksi mengenai kapan iPhone 5S akan hadir di pasaran. Biasanya, sebuah generasi terbaru dari produk Apple akan diluncurkan setiap satu tahun sekali. Apple diprediksi akan mengubah siklus 1 tahunan tersebut menjadi 6 bulan dan akan meluncurkan iPhone 5S pada bulan Juni 2013 mendatang.

Apple sebelumnya pernah mengubah siklus tahunan tersebut, khusus untuk perangkat iPad. Pada 2010 dan 2011, Apple selalu merilis satu generasi iPad setiap tahunnya. Namun untuk tahun 2012, Apple merilis 3 seri iPad sekaligus (New iPad, iPad Mini, dan iPad).
Sumber :  http://tekno.kompas.com