Pengertian Reaksi Kimia

Pengertian Reaksi Kimia

Reaksi kimia adalah proses perubahan kimia antara zat-zat pereaksi (reaktan) yang berubahmenjadi zat-zat hasil reaksi (produk). Pada reaksi kimia, suatu zat berubah menjadi satu ataulebih zat lain, yang jenisnya baru.Ketika anda mempelajari tentang unsur anda tentu sudah tahu terlebih dulu tentang lambang-lambang kimia sebuah unsur. 

Nah, untuk memudahkan mempelajari materi reaksi kimiaterlebih dahulu harus memahami bagaimana penulisan reaksi kimia.Contoh : Untuk menuliskan reaksi kimia yang terjadi ketika bongkahan batu kapur yangdimasukkan ke dalam air dan kemudian air menjadi panas.Untuk menuliskan reaksi yang terjadi antara kapur tohor CaO(s) dengan air H2O(l) adalah sebagai berikut:


Hasil dari proses reaksi kimia tersebut adalah Ca(OH) atau kalsium hidroksida sukar larutdalam air dan apabila didiamkan maka akan tampak endapan/padatan putih di dasar bejana.

Penjelasan symbol-simbol dalam reaksi kimia:



Koefisien Reaksi
Dalam menuliskan suatu reaksi kimia kita juga harus memperhatikan jumlah angka di sebelahkiri pereaksi (reaktan) dan hasil reaksi (produk). Angka tersebut disebut koefisien yangmenunjukkan jumlah masing-masing atom yang berperan dalam reaksi. Massa zat sebelumdan sesudah reaksi juga tidak berubah selama reaksi kimia berlangsung.Contoh


Larutan timbal(II) nitrat direaksikan dengan kalium iodida yang larut dalam air menghasilkan padatan timbal(II) iodida yang berwarna kuning dan cairan kalium nitrat.

Sumber http://www.scribd.com  

{ 0 Comments ... read them below or add one }

Poskan Komentar