Profil Calon Gubsu 2013 Gus Irawan


Profil Calon Gubsu 2013 Gus Irawan |  MANTAN Dirut Bank Sumut yang juga balon terkuat dari Partai Golkar di Pilgubsu 2013 ini mencermati peningkatan kesejahteraan rakyat akan terbuka dilakukan dengan menggenjot potensi alam yang dimiliki suatu daerah. Begitu juga dengan pengembamngan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) yang harus dikembangkan bersama rakyat. Dia bercerita soal pengalamannya melihat potensi sumber daya alam di wilayah pesisir barat Sumut.

“Di kawasan pantai Barat Sumut dan wilayah Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel) misalnya. Di situ cukup banyak potensi alam yang belum digali dan dikembangkan,” ungkapnya. Menurut Ketua KONI Sumut itu, cukup banyak potensi alam di daerah itu yang muali hilang karena tidak serius dikelola. Perhatian pemerintah yang kurang, termasuk minimnya pemberdayaan masyarakat, menjadi faktor kuat terbengkalainya pariwisata di Tabagsel. Sebagai contoh lain, Tapanuli Tengah dan Sibolga yang dulunya daerah penghasil ikan terbesar di Sumut mulai kehilangan arah pengelolaan. “Pemerintah daerah, provinsi, dan pusat harus bahu-membahu membantu pengembangannya,” dia mengingatkan. 

Gus juga mengomentari Padanglawas Utara (Paluta) dan Padanglawas (Palas)  yang dikenal sebagai produsen sapi terbesar di Sumut. Bila dikembangkan secara serius, dia mengatakan, kebutuhan sapi di Sumut bisa terpenuhi tanpa mendatangkan sapi dari Aceh, Jawa, atau Australia.


“Paluta dan Palas punya banyak perkebunan kelapa sawit dan karet, artinya bisa disinkronkan antara peternak dan petani. Pemerintah kurang memperhatikan kondisi itu sehingga perekonomian masyarakat berjalan lambat,’’ katanya. Gus melihat pengembangan potensi daerah seyogianya didukung langkah penjaringan investor agar bersedia menanamkan modalnya di berbagai sektor potensial. (*)
Sumber :  http://theglobejournal.com/politik/ini-dia-calon-gubernur-sumut-2013/index.php