Yang Seharusnya Blogger Lakukan dalam Ngeblog


Yang Seharusnya Blogger Lakukan dalam Ngeblog |  Kegiatan ngeblog tidak hanya sekedar mengupdate blog, tetapi ngeblog bagian sebagian blogger memiliki peran dan fungsi sendiri-sendiri. Apapun motivasinya, ngeblog sebagai kegiatan sosial selalu berhubungan dengan orang lain, misalnya itu pembaca atau sesama blogger.

Layaknya tatanan kehidupan, dalam ngeblog pun juga ada etikanya, baik itu yang berupa anjuran yang seharusnya dilakukan atau dihindari. Bukan saja untuk membangun personal brand yang baik, melainkan juga membuat blog yang menarik dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh blogger dalam ngeblog:

  • Update blog dengan rutin
Ini sering dianjurkan kepada blogger untuk dilakukan. Karena untuk mengupdate blog itu butuh semangat dan konsistensi. Lebih mudah untuk membuat blog, tetapi mengelola blog dengan menyajikan konten secara rutin itu lebih sulit. Sebenarnya sebagai blogger harus mampu mengalahkan sikap malas atau ketakutan tulisan yang dibuatnya tidak bagus. Ngeblog adalah sebuah proses, yang bisa membuat lebih baik atau sempurna.

Saya sendiri mencoba untuk konsisten dan rutin mengupdate blog ini, setidaknya seminggu sekali. Lihat saja di arsip kalau tidak percaya. Sebagai salah satu blog yang memiliki pembaca setia, menghadirkan post blog yang baru akan membuat mereka tidak meninggalkan blog ini. Selain itu google search engine juga akan tetap rutin mengindeks blog yang rutin diupdate.
  • Menghindari copy paste
Bukan hanya gadget dan koneksi internet saja yang diperlukan dalam ngeblog, ide juga lebih penting. Copy paste atau mencuri konten paling tidak disukai blogger. Konon katanya jika kita melakukan copy paste yang sama persis itu berarti merendahkan pelakunya sendiri. Cobalah mengulasnya sendiri, tidak mengambil secara penuh.

Saya sendiri, dulu pernah melakukan copy paste. Beberapa hari yang lalu ada tulisan di blog ini ada yang dilaporkan oleh seseorang sebagai hasil copy paste, sehingga oleh blogger.com dihapus dan dijadikan draft. Akhirnya saya ubah (tulis kembali) dan publikasikan. Sekarang ini semakin banyak paltform blog yang bisa mendeteksi sebuah post yang hasil copy paste, bahkan google search engine pun juga tidak menyukainya.
  • Jadilah diri sendiri dan menulis dengan hati
Dalam dunia ngeblog jangan sampai kita kehilangan karakter dan jati diri. Bolehlah terpengaruh dengan gaya ngeblog seorang, tetapi usahakan tidak mengikutinya sama persis. Malahan jika itu terjadi bisa membuat kita tidak memiliki keunikan. Begitupun dengan gaya menulis, tunjukan dan berikan sentuhan sisi personal, bahwa seperti inilah saya.

Penting juga menulis dengan hati, artinya apa yang kita tulis memang apa yang sedang pikirkan. Membiarkan semuanya mengalir begitu saja. Karena tulisan yang ditulis dengan hati akan sampai juga ke hati sehingga tulisan bisa menjadi inspiratif. Selain itu menulis bukanlah beban tetapi ungkapan yang memberikan kepuasan. Menulis untuk pembaca (orang) bukan hanya untuk search engine.
  • Berinteraksi dengan pembaca
Kesenangan ngeblog bukan hanya berbagi tetapi juga berinteraksi. Sebuah blog akan terasa lebih hidup jika pemiliknya tidak hanya menulis dan dibaca diri sendiri. Sejatinya sosial media seperti blog adalah tempat berinteraksi, oleh sebab itu blogger juga ada widget atau fitur follow, blog yang diikuti bisa terbaca di dasbor. Saling mengunjungi blog lain bisa menambah pengetahuan baru. Interaksi juga bisa terlihat dari membalas komentar yang masuk.

Saya sendiri bukan blogger yang baik, komentar-komentar di blog ini jarang saya balas. Saya seperti kebanyakan blogger, yang punya lebih dari satu blog. Sehingga untuk mengupdate blog saja sudah menyita waktu.
  • Memberikan kenyamanan pengunjung blog
Tamu harus dijamu dan dilayani dengan baik. Begitupun pengunjung blog kita, harus kita buat nyaman dan betah di blog kita. Kenyamanan itu bisa didapatkan dari konten yang berkualiatas, dari tampilan dan menu yang mudah. Jangan sampai blog penuh dengan iklan, apalagi yang pakai float atau melayang yang menutupi. Kita bisa menempatkan iklan secara bijak, tidak memaksa pengunjung untuk mengklik atau terpaksa.

Perlu diperhatikan juga penggunaan widget, coba yang seperlunya saja. Usahakan pula loading blog tidak terlalu lama. Memberikan kenyaman pembaca membuat mereka senang berlama-lama di blog. Permudah pengunjung untuk berbagi tulisan, berkomentar dan menemukan yang hendak mereka cari.

Itulah beberapa yang seharusnya blogger lakukan dalam ngeblog. Kamu punya pendapat atau menambahkan? Tulis saja di kolom komentar!