Angin


Angin adalah udara yang bergerak.Angin terjadi sebagai akibat adanya perbedaan tekanan udara.Udara bergerak dari daerah yang bertekanan maksimum ke daerah yang bertekanan minimum.Gerakan udara secara vertikal dinamakan konveksi.Gerakan udara secara horizontal dinamakan adveksi,sedangkan gerakan udara yang tidak teratur disebut dengan turbulensi.

Alat untuk mengukur kecepatan angin adalah anemometer.

Pada dasarnya jenis angin dapat dibedakan menjadi angin tetap,angin periodik,dan angin lokal

1) Angin Tetap
a) Angin barat adalah angin yang bertiup dari daerah sub-tropik kutub sampai pada lintang 60 derajat,baik lintang utara maupun lintang selatan. 

b) Angin timur adalah angin yang berasal dari daerah timur dan terdapat pada batas kutub .Angin ini bersifat dingin karena berasal dari daerah kutub.

c) Angin pasat adalah angin yang berhembus terus-menerus dari daerah maksimum sub-tropik selatan dan utara menuju ke arah khatulistiwa.Sampai di khatulistiwa angin tersebut berbelok sesuai dengan Hukum Buys Ballot.Dua angin pasat, yaitu angin pasat tenggara dan angin pasat timur laut.

d) Angin anti pasat adalah angin yang arahnya berlawanan dengan angin pasat. Di belahan bumi bagian selatan bertiup angin dari barat laut ke tenggara.Di belahan bumi utara bertiup angin dari barat daya ke timur laut.Arah angin anti pasat dapat dilihat pada arah awan yang tertinggal atau pada awan /abu gunung berapi.