Langkah Jitu Bebas Dari Hutang

Langkah Jitu Bebas Dari Hutang | Banyak alasan mengapa orang sampai terjerat hutang. Daripada pusing memikirkan apa saja alasannya, lebih baik Anda memulai untuk merencanakan bagaimana cara melunasinya.

Menyelesaikan hutang dengan cepat dan tepat memerlukan strategi perencanaan yang baik, bertanggung jawab, dan disiplin tentunya. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan langkah-langkah yang dapat membantu Anda dalam mewujudkannya. Apa saja langkah-langkahnya? Simak panduannya berikut ini, seperti yang dirangkum dari eHow.

Pastikan jumlah hutang
Kumpulkan semua tagihan (kartu kredit, pinjaman, dan lain-lainnya), dan tambahkan totalnya untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang berapa nominal hutang Anda. Lalu, tulis pembayaran minimum, tanggal jatuh tempo, dan tingkat suku bunga untuk masing-masing hutang. Coba hubungi kreditur untuk menegosiasikan suku bunga yang lebih rendah, karena siapa tahu bisa menurunkan beban hutang Anda.

Buat rencana pembayaran
Lakukan pembayaran minimum untuk semua hutang Anda. Umumnya untuk bisa melakukan pembayaran dengan cepat, Anda bisa mendapatkan pekerjaan tambahan lain sebagai pemasukan tambahan.

Tinjau pendapatan dan pengeluaran
Tulis dan periksa kembali pendapatan dan pengeluaran dengan hati-hati agar bisa menutup dan membayar hutang-hutang Anda. Cari kesempatan untuk menambah penghasilan, misalnya mengubah hobi menjadi kegiatan yang menghasilkan rupiah.

Utamakan penghasilan untuk pelunasan
Jika memungkinkan, membayar hutang secara mingguan atau dua mingguan untuk mengurangi saldo rata-rata harian Anda (di mana beban keuangan didasarkan).

Terus lakukan hingga bebas dari hutang
Langkah berikutnya, minimalkan pengeluaran dan hutang Anda, sehingga bisa dibayar dengan beban kecil sampai Anda benar-benar bisa melunasinya. ​

Yang perlu diingat, mengatasi permasalahan hutang piutang, tidak perlu dengan kepanikan. Yang terpenting adalah komitmen Anda untuk mengatasi masalah hutang dengan segera dan tuntas. Namun, tentunya harus diikuti dengan gaya hidup yang benar, terutama yang berkaitan dengan keuangan.

Semoga bermanfaat!
Sumber : (triq@oktomagazine.com)