Benarkah Futsal Olahraga yang Mematikan?

Benarkah Futsal Olahraga yang Mematikan? |   Olahraga futsal sudah menjadi tren dan gaya hidup orang2 zaman skrg. Tak kenal muda atau tua, rata2 pria bersemangat jika diajak bertanding futsal. Namun tak sedikit kasus pemain yg meninggal usai bermain futsal. Benarkan futsal olahraga yang berbahaya,?

Menurut dokter Olah Raga dr Michael Triangto, SpKO, sebenarnya utk mslh ini bukan kesalahan olahraganya, melainkan tubuh yg tdk siap atau tubuh siap tapi tingkat kompetisi utk tubuh terlalu tinggi.

"Kalau olahraga yg bermasalah tentu banyak sekali atlet yg rutin olahraga bisa mengancam mereka. Kenyataannya tdk, meski beberapa kasus yang ditimbulkan fatal," ujar Michael.

Menurutnya, permainan olahraga prestasi ataupun yg fun bisa berbahaya utk kesehatan bila dilakukan jika tubuh tdk siap secara fisik dan mental.

Dan semua jenis olahraga bisa berisiko buat kesehatan, dan yg fatal itu stroke atau serangan jantung. Namun risiko semakin besar jika pemain itu memiliki masalah kesehatan seperti hipertensi , kolesterol tinggi atau tak pernah memeriksakan dirinya.

Seseorang bisa saja merasa dirinya mempunyai kemampuan untuk bermain futsal hingga tidak sadar telah bermain melebihi kemampuannya. Ini karena perasaan dan kenyataan yang terjadi di tubuhnya berbeda. Alhasil, orang sering memaksakan diri melakukan olahraga kompetitif melampaui kemampuan tubuhnya.

"Artinya mental mengatakan saya mampu padahal kenyataannya kemampuan fisiknya menurun," ujar ahli kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran.

Ia mencontohkan mobil Mercedes Benz yang dibeli pada 20 tahun pastinya saat masih baru mempunyai kekuatan yang tinggi. Mobil ini bisa digeber saat di tol. Namun masalah itu muncul pada 20 tahun kemudian. Meski namanya Mercy tapi mesinnya mungkin sudah rusak.

Sebenarnya, berapa pun usia seseorang bila siap secara fisik dan mental, tdk akan bermasalah meski melakukan olahraga berat sekali pun. Jadi bukan olahraganya yg mematikan tapi kesiapan raga orang tersebut yg bisa membuat orang tidak siap dengan olahra