Disiplin Diri, Agar Lebih Mudah Mencapai Tujuan

Sikap Disiplin Diri Membantu Mencapai Tujuan
Disiplin Diri, Agar Lebih Mudah Mencapai Tujuan |Anu pastina mah , disiplin diri, salah satu hal yang mungkin bagi kebanyakan orang Indonesia tuh suatu hal yang bikin kita repot, bener gak? Sering kali, karena disiplin diri ini seakan-akan kalau hidup ini tidak bebas, banyak aturannya, dimana kita harus begini dan harus begitu. Salah satu contohnya saja disiplin diri pada saat jam masuk kuliah, rasa-rasanya kalau terlambat 15-30 menit itu sudah menjadi hal yang wajar. Kalau sudah begini, kira-kira apa yang akan terjadi dalam usaha mencapai suatu tujuan? Atau mungkin, justru kita yang sama sekali tidak punya tujuan hidup?

Memang benar, kalau disiplin diri itu memang bikin repot, karena kita mesti gini dan mesti gitu. Tapi sadar gak, itu kan cuma perasaan kita saja yang pada saat pertama kali untuk membiasakan diri dengan hidup disiplin? Karena memang kalau semua macam yang baru pertama kali kita coba kan, biasanya memang sulit atau bikin repot, ya gak?


Tapi coba deh, paling gak minimal 2-3 bulan kita belajar untuk terbiasa dengan disiplin diri, pasti nanti ketika 2-3 bulan itu sudah terlewati, yang namanya sikap disiplin nanti pasti akan menjadi hal yang sudah biasa bagi kita. Gak percaya? Saya sampai sekarang sudah membuktikannya, kalau kita sudah terbiasa dengan hidup disiplin diri, maka proses kita mencapai tujuan akan menjadi lebih mudah sampai di masa depan nanti.

Sikap disiplin diri itu sebenernya kan seperti kita sedang mengikuti petunjuk jalan untuk mencapai suatu tujuan, dengan kita mengikutinya bukankah akan lebih mudah daripada kita membuat atau memutuskan arahnya sendiri, bener gak? Kalau kita tidak mendisiplinkan diri sendiri, maka bisa saja yang terjadi adalah kita yang tersesat di tengah jalan dalam mencapai tujuan.

Mematuhi berbagai aturan yang telah ditetapkan juga merupakan salah satu contoh cara disiplin diri, karena dengan kita mematuhi peraturan yang ada, itu berarti sama halnya dengan kita sedang berusaha untuk menciptakan suatu tujuan tertentu. Seperti kemudahan dan kenyamanan dalam mengikuti perkuliahan misalnya, kalau kita masuk kuliah saja sudah sering terlambat, bagaimana proses kuliah kita bisa menjadi mudah dan nyaman, ya gak?

Disiplin diri itu sebenernya bukan untuk mengatur kehidupan kita, melainkan disiplin diri itu sebenernya adalah salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk bisa mendapatkan berbagai macam hal yang kita inginkan dengan lebih mudah. Karena disiplin diri ini seperti petunjuk jalan, maka kalau kita tidak mau untuk bersikap disiplin maka ya sudah, makin sulitlah keinginan kita itu untuk bisa kita dapatkan.


Kalau dibilang disiplin diri itu bikin repot, maka saya akui memang bersikap disiplin itu memang bikin repot, tapi repot sedikit gak apa-apa kan? Yang penting kan apapun keinginan kita jadi lebih mudah untuk kita wujudkan, bener gak? Masih mending yang mana, meski sedikit repot tapi keinginan kita bisa terwujud dengan lebih cepat, atau yang secara santai tapi keinginan kita terwujudnya lebih lama? (Atau malah mungkin tidak bisa terwujud, karena keinginan kita itu sudah ‘expired’ hehe…). Semoga bermanfaat :)