Mengapa Kita Perlu Tidur ?

Mengapa Kita Perlu Tidur ? Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa tidur itu mengandung banyak sekali manfaat untuk manusia tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk memperindah penampilan manusia. Jika waktu tidur cukup, maka setengah persoalan hidup akan hilang, dengan tidur yang cukup anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan.  

Tidur adalah penghilang stres dan dapat meningkatkan produktifitas dan efisiensi. Coba anda rasakan apabila semalam suntuk anda tidak tidur sedikitpun, pastinya anda akan merasa mengantuk, orang yang merasa mengantuk karena kurang tidur akan berdampak pada emosi atau mood seseorang, mudah tersinggung, letih, dan malas beraktifitas.
Tidur menurut pengertian dari Wikipedia adalah keadaan istirahat pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan dan binatang tak bertulang belakang seperti lalat buat (Drosophilia). Pada manusia, dan banyak spesies lainnya, tidur sangat penting untuk kesehatan. Fase peralihan dari keadaaan sadar ketidur disebut dengan Pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali kesadar disebut sebagai Postdormitium. Pada saat tidur tubuh cenderung tidak bergerak dan daya tanggap ikut berkurang, itu disebabkan karena dalam tidur yang normal biasanya fungsi saraf motorik dan juga sraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokir.

Tidur bukanlah sesuatu yang merugikan tetapi malah menguntungkan, dengan tidur dapat menyegarkan tubuh dan otak dari pikiran-pikiran yang tidak penting. Jika anda mengetahui manfaat tidur yang benar, anda tentu tidak akan mengabaikan tidur anda. Berikut adalah beberapa manfaat tidur versi Bermanfaat.
  1. Meregenerasi sel-sel.
    Selama proses tidur berlangsung sel-sel didalam tubuh mengalami proses regenerasi menggantikan sel yang rusak dengan sel yang baru.

  2. Tubuh Beristirahat.
    Dalam tidur memungkinkan tubuh untuk beristirahat dari kelelahan akibat kerja seharian, tidur juga dapat membuat hormon pertumbuhan menjadi lebih lancar dan kekebalan tubuh melawan penyakit menjadi lebih meningkat serta kemampuan fisik dan konsentrasipun bertambah.

  3. Membuat kulit menjadi cerah.
    Stres mental yang diakibatkan oleh kurang tidur dapat membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi mengkerut, sehingga darah yang dipompa keseluruh tubuh menjadi berkurang. Aliran darah yang lancar dapat menghasilkan warna kulit yang cerah karena pembuluh darah pada wajah sangat dekat dengan permukaan kulit. Selain itu stres yang diakibatkan kurang tidur juga dapat menghasilkan minyak yang berlebihan pada wajah, membuatnya menjadi lebih rentan terhadap gangguan jerawat, membuat kulit menjadi lebih cepat kendur dan berkerut sebelum waktunya, karena kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban alaminya yang melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

  4. Membuat mata tampak lebih cerah.
    Mata akan menjadi kering dan iritasi jika kelopak mata tidak terpejam dalam waktu yang cukup lama, kekurangan tidur dapat memicu fatigue atau kelelahan, memperlambat sirkulasi darah di dalam kulit yang setipis kertas disekitar mata, ini menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata, menjadikan mata terlihat tidak indah.

  5. Membuat rambut lebih sehat dan berkilau.
    Nutrisi yang bermanfaat ke akar rambut dapat terkikis karena kurangnya tidur dimalam hari sehinga membuat tubuh selalu berada dalam kondisi kritis, sehingga memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi dalam jumlah yang terbatas, padahal energi ini bisa memberikan banyak nutrisi ke akar rambut. Tanpa nutrisi yang cukup rambut akan kelihatan kusam dan mudah patah.

  6. Membuat tubuh menjadi lebih ramping.
    Satu fakta yang mengagetkan bagi banyak perempuan adalah kurang tidur dapat membuat berat badan bertambah. Kurang tidur dapat memperlambat metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lambat. Kurang tidur juga memperlambat produksi hormon pertumbuhan, yaitu hormon yang mengubah lemak menjadi bahan bakar itu berarti kurangnya hormon pertumbuhan akan membuat lemak menjadi lebih banyak.

  7. Membuat semangat sepanjang hari.
    Ketika tubuh kekurangan tidur mood atau perasaan seseorang cenderung akan naik turun, kapasitas tidur yang terbatas menyebabkan kemungkinan untuk mengalami depresi dan cemas akan lebih tinggi. Tidur malam dapat memperbaiki kualitas hidup anda. Oleh karena itu, tidur pada malam hari sangat penting untuk dijadikan prioritas untuk dilakukan secara konsisten.

  8. Meningkatkan daya ingat.
    Apabila anda merasa kesulitan untuk berkonsentrasi ditempat kerja, maka kemungkinan anda kurang tidur pada malam hari. Kurang tidur sering menyebabkan masalah memori terhadap suatu fakta atau kejadian yang dihadapi ataupun dalam sebuah percakapan. Salah satu manfaat terbesar dari tidur adalah memungkinkan otak memiliki daya pikir lebih baik dalam menerima suatu hal atau pengetahuan baru serta meningkatkan efisiensi daya kerja otak.

  9. Tidur memperbaiki tubuh.
    Tubuh mampu menghasilkan molekul protein tambahan saat anda sedang tidur yang membantu tubuh memperkuat kemampuan untuk melawan infeksi dan tetap sehat. Tidur juga memperkuat sistem imun atau kekebalan dalam tubuh.
Demikian beberapa manfaat tidur  
Dirangkum dari beberapa sumber di internet:
*http://www.anneahira.com/manfaat-tidur.htm
  http://semuaitubermanfaat.blogspot.com
*http://matabidadari.xtgem.com/Text/Tidur
*http://dangstars.blogspot.com/2013/03/mengungkap-manfaat-cacing-tanah.html 
http://lifestyle.okezone.com/read/2011/12/20/27/544989/manfaat-tidur-tak-hanya-pengobat-kantuk
*http://id.wikipedia.org

Posted by: Dangstars Tea
Vulkanisir Blog | Informasi Vulkanisir Ban, Updated at: 01.06
Description: Mengapa Kita Perlu Tidur ?
Rating: 4.5 Reviewer: Dangstars Tea
ItemReviewed: Mengapa Kita Perlu Tidur ?

{ 0 Comments ... read them below or add one }

Poskan Komentar