Menjadi Pemimpin yang Baik di Masa Depan

Menjadi Pemimpin yang Baik di Masa Depan

Menjadi pemimpin bukan berarti menjadi penguasa, melainkan menjadi pemimpin adalah untuk bisa mengendalikan suatu situasi dan mempengaruhi orang lain. Setiap manusia sebenarnya bisa menjadi seorang pemimpin, tergantung bagaimana dia mengelola kemampuan dalam dirinya untuk masa depan.


Menjadi pemimpin yang baik itu tidak susah, asalkan Anda ada niat untuk mencoba maka yakinlah untuk bisa menjadi pemimpin yang baik. Tidak semua pemimpin harus berwujud bos, mandor, atau mungkin kepala keluarga, tapi menjadi pemimpin wujudnya itu tidak terbatas seperti apa. Jika seseorang mampu mengendalikan diri sendiri, situasi dan serta orang lain itu berarti orang tersebut sudah berhasil menjadi seorang pemimpin.

Agar bisa menjadi pemimpin yang baik, kita juga harus bisa juga menjadi pelayan yang baik bagi para pengikut kita. Karena ternyata, dibalik tingginya tingkatan seorang pemimpin itu adalah sebagai pelayan bagi setiap pengikutnya. Mau bukti? Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin, Anda harus melayani setiap kebutuhan para pengikut Anda!
Kebutuhan di sini adalah seperti perlengkepan perang pasukan Anda, jika Anda ingin pasukan Anda maju berperang maka Anda harus menyediakan senjata untuk mereka. Dan setelah pasukan Anda memiliki perlengkapan, barulah bisa Anda memimpin pasukan Anda maju ke medan pertempuran.


Melindungi pasukan juga merupakan kewajiban menjadi seorang pemimpin, menjadi pemimpin bukan berarti pasukan Anda yang melindungi pemimpinnya. Tapi seharusnya untuk bisa menjadi pemimpin yang baik, Anda harus melindungi pasukan Anda agar mereka tetap berada di bawah kendali Anda.

Kalau seandainya saja seorang pemimpin membiarkan pasukannya terluka, tentu saja pasukan Anda akan merasa kalau Anda hanya menjadikan mereka sebagai tameng, dan itu juga tidak akan baik bagi reputasi seorang pemimpin. Apakah seorang pemimpin yang menjadikan pasukannya sebagai tameng itu patut dipercaya? Tentu saja tidak kan? Menjadi seorang pemimpin seharusnya mampu mengayomi pasukannya agar mereka tetap di bawah kendali Anda.


Tidak benar kalau selamanya menjadi pemimpin itu harus yang paling tangguh daripada anggotanya, asalkan Anda bisa mengendalikan diri Anda dan situasi yang ada, maka itu sudah cukup bagi Anda untuk bisa menjadi pemimpin. Tapi perlu diingat juga, agar bisa menjadi pemimpin yang baik hal-hal yang sudah disampaikan di atas sangat perlu diperhatikan.


Anggota Anda adalah mereka yang mempercayai kemampuan Anda, meskipun sebenarnya Anda bukan orang yang paling kuat, tapi karena Anda memiliki keyakinan untuk memimpin mereka, maka mereka akan selalu siap membantu Anda. Jadi menjadi pemimpin bukanlah hal yang sulit, cukup yakinkan anggota Anda bahwa Anda bisa mengelola kemampuan Anda dan anggota Anda.