MayDay 1 Mei : 350 Perusahaan di Medan Pilih Liburkan Buruh

MayDay 1 Mei : 350 Perusahaan di Medan Pilih Liburkan Buruh
MEDAN Peringatan   Hari Buruh yang jatuh pada Rabu 1 Mei membuat banyak perusahaan memilih untuk meliburkan para pekerjanya.

Hampir 50% dari sekitar 700 perusahaan anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia Sumut memiih tidak beroperasi di Hari Buruh tersebut.

“Dalam pertemuan Apindo akhir pekan lalu, ratusan perusahaan khususnya industri besar menyatakan siap tidak beroperasi pada Rabu saat May Day dengan berbagai alasan khususnya menyangkut keamanan perusahaan dan pekerja,” kata Sekretaris Apindo Sumut Laksamana Adiyaksa, Senin (29/4).
Untuk menyiasati jangan sampai produksi perusahaan terganggu, pengusaha dan pekerja sepakat mengganti jam kerja yang hilang pada May Day itu.

Diharapkan, pekerja yang melakukan unjuk rasa pada May Day itu juga tidak melakukan sweeping di perusahaan termasuk melakukan hal-hal yang menggangu ketenangan masyarakat umum.

“Sejak awal, Apindo setuju kalau May Day dijadikan hari libur. Jadi ketika tahun ini jumlah perusahaan yang mau meliburkan perusahaannya semakin banyak, asosiasi mendukung,” kata Laksamana.
Apalagi, kata dia, Pemkot Medan menggelar Peringatan May Day di Lapangan Merdeka Merdeka, di mana pengurus Apindo juga akan hadir bersama jajaran pemerintah dan serikat pekerja.
Ia berharap kegiatan peringatan itu berlangsung aman dan tertib.

Ketua Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Sumut Edward Pakpahan mengatakan liburnya perusahaan akan membuat pekerja menjadi lebih leluasa merayakan May Day.

Dia menyebutkan pada May Day tahun ini pekerja masih tetap meminta penghapusan tenaga kerja kontrak dan menuntut upah layak.

“SBSI mendukung langkah perusahaan di Sumut yang tidak beroperasi karena libur May Day adalah salah satu tuntutan pekerja,” kata Edward.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan Armansyah Lubis menyebutkan peringatan May Day tahun ini mengusung tema Bersama Sejahtera yang direncanakan dikuti sekitar 2.500 pekerja.
May Day akan diisi dengan sejumlah kegiatan, mulai upacara hingga hiburan. (Antara/sae)