Tegra 5 Bakal Pacu Ponsel Sekencang PS3

Tegra 5 Bakal Pacu Ponsel Sekencang PS3 |  Semakin lama perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet makin bertenaga, termasuk dalam urusan gaming. Ini dimungkinkan berkat perkembangan kinerja hardware yang pesat selama beberapa tahun terakhir.

Begitu pesatnya perkembangan ini, wakil presiden senior divisi konten Nvidia Tony Tamasi sampai mengatakan, performa chip mobile "Tegra 5" buatan perusahaan itu bakal mengalahkan konsol game PlaySyation 3 dan Xbox 360.

"Saat ini pun PS3 dan Xbox 360 sebenarnya hanya sedikit lebih cepat dari perangkat mobile. Mereka akan terlibas oleh smartphone generasi berikutnya," ujar Tamasi pada situs bit-tech.net.

Pemroses grafis PS3 dan Xbox 360 memiliki kemampuan komputasi 200 GFLOPS (Giga FLOPS, Floating-point Operations Per Second) sementara Tegra 4, chip mobile terkini buatan Nvidia, memiliki kinerja teoritis sebesar 80 GFLOPS).

Dari klaim Tamasi, agaknya chip "Tegra 5" bakal memiliki kinerja dua kali lipat lebih tinggi dari Tegra 4. Nvidia sebelumnya mengklaim bahwa kinerja chip "Parker" yang akan dirilis pada 2015 bisa 100 kali lebih tinggi dibanding chip Tegra 2 yang dirilis pada 2011.

PlayStation 3 sendiri menggunakan pemroses grafis buatan Nvidia bernama "RSX Reality Synthesizer". Konsol ini pertama dirilis pada 2006 dan sedang menunggu digantikan oleh penerusnya, PlayStation 4. (tekno.kompas.com)