Tips Memilih TV Kabel

Tips Memilih TV Kabel | Memilih TV Berlangganan | Kebutuhan akan informasi kini membuat banyak orang menggunakan TV Kabel, hal ini karena terbatasnya program TV yang hanya menggunakan antena biasa. Dengan menggunakan TV kabel, kita bisa mendapatkan banyak informasi, tontonan ataupun program TV didalam negeri atau pun diluar negeri. Namun banyaknya TV Kabel saat ini membuat banyak orang menjadi bingung saat memilihnya, dibawah ini adalah beberapa tips memilih TV Kabel.

Kualitas Sinyal

Banyak orang mengatakan bahwa TV kabel memiliki sinyal lebih baik dibanding TV antena, tetapi tidak semua TV kabel berkualitas baik. Ada dua struktur jaringan TV kabel yang diterapkan. Pertama, tree and branch system. Pada sistem ini, sinyal ditransmisikan melalui cabang-cabang dan sub-sub cabang hingga ke converter atau decoder yang berfungsi untuk memilih frekuensi. Perangkat ini dipasang diantara jaringan kabel dan perangkat TV. Kedua, switchedstar system, yaitu sinyal didistribusikan melalui trunk cable dari headend ke local centermenggunakan kabel serat optik. Cirinya paling sederhana, sistem ini menggunakan amplifier atau booster. Sistem kedua ini lebih baik dibanding sistem pertama.

Sesuaikan Saluran dengan Kebutuhan

Ada beberapa paket yang ditawarkan oleh setiap merek TV kabel berbeda. Agar tidak salah pilih, sebaiknya Anda mengetahui kebutuhan yang diinginkan. Jika Anda demam dengan olahraga, pilihlah paket yang memiliki siaran olahraga. Begitu juga jika Anda suka film, fashion, kartun, maupun berita terbaru, pilihlah paket tersebut agar tidak sia-sia Anda membayarnya. Untuk memudahkan Anda mengetahui saluran TV apa saja, Anda dapat melihat di website atau menelepon langsung melalui telepon layanan konsumen.

Pastikan Harga

Setiap merek TV kabel memiliki harga yang berbeda-beda dan perubahannya sangat cepat. Perubahan harga itu dikarenakan adanya promo. Untuk setiap paketnya pun berbeda-beda, Misalnya, untuk paket termurah First media Rp130.000, Indovision Rp149.000, Top TV Rp85.000, dan Next Media Rp85.000. Ingat, harga tersebut belum termasuk harga pemasangan atau instalisasi. Selain itu, semakin banyak saluran TV yang dipilih, harganya semakin mahal. Untuk mendapatkan harga paket tv kabel murah, cobalah cek apakah ada promo tv kabel murah, jika ada, disarankan untuk mengambil promo tv kabel murah tersebut.

Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran yang dapat Anda lakukan cukuplah beragam, yaitu transfer melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), transfer via pos, atau bayar langsung. Sebaiknya Anda memiliki ATM agar tidak repot saat pembayaran. Hati-hati dengan masalah pembayaran. Beberapa TV kabel memberlakukan denda jika Anda telat membayar. Selain itu, pastikan Anda memilih TV kabel yang cocok sesuai dengan keinginan Anda. Pemutusan secara sepihak akan ada konsekuensi yang diterima, yaitu pembayaran berupa denda yang harganya bervariasi.

Perhatikan Layanan Konsumennya

Walau belum tentu bermasalah, Anda sebaiknya tetap memperhatikan layanan konsumen. Ini sebagai langkah antisipasi dalam jika ada masalah di kemudian hari. Permasalahan yang sering timbul adalah penerimaan gambar yang kurang jernih, jaringan down, dan kesalah pahaman tentang pembayaran. Jika ada masalah, segera hubungi nomor telepon layanan konsumen agar segera tertangani.