Tips Merawat Mobil Matic

Tips Merawat Mobil Matic. Kondisi Jalan saat ini yang semakin macet membuat pilihan mobil dengan transmisi Automatic semakin masuk akal karena terasa lebih nyaman apalagi pada saat menghadapi jalanan yang macet, namun mobill dengan transmisi matik juga rentan mengalami kerusakan bila dibandingkan dengan transmisi manual. Hal itu wajar saja terjadi, karena mobil yang bertransmisi matik cenderung lebih kompleks, berikut tips buat anda bawah ini :



- Cek Level Oli transmisi

Hal ini kerap kali sering disepelakan oleh para pemilik kendaraan, terutama kaum hawa yang memang sedikit kurang mengerti mengenai mesin, tapi bukan bermaksud menyepelakan lhoo…. Caranya sangat mudah, hidupkan mesin kendaran Anda kemudian cek dipstick oli transmisinya, liat kondisi warnanya, bila telah berwarna gelap atau kehitaman dan ada sedikit serpihan serbuk besi segera ganti denga yang baru. Adanya serbuk besi itu terjadi akibat pergesekan yang terlalu keras antara beberapa part komponen di dalam mesin.



- Uji Jalan

langkah ke-dua adalah dengan mengetes kendaraan Anda disaat berjalan, pindahkan posisi perseneleng transmisi Anda dari P-R-N-D layaknya Anda ingin berjalan pertama kali. Lakukan secara perlahan dan simak dengan seksama setiap perpindahannya, bila terjadi hentakan atau seperti “kedutan” yang terasa kasar atua mungkin keluar suara yang sedikit bising atau tidak biasanya maka itu sudah pertanda akan adanya suatu masalah pada transmisi Anda. 

Karena bila kendaraan transmisi otomatis yang telah menganut CVT maka harusnya perpindahan dari transmisi satu ke transmisi lainya berjalan dengan halus tanpa adanya sentakan. Kalau begitu, segeralah cek dan bawa ke kebangkel kepercayaan Anda, jangan tunggu sampai bertambah parah dan menyusahkan Anda.