Cegah Pikun dengan Diet Mediterania

Cegah Pikun dengan Diet Mediterania

Cegah Pikun dengan Diet Mediterania |  Pola makan ala Mediterania bukan hanya mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker tetapi juga bisa mempertahankan fungsi daya ingat dan mengurangi risiko penyakit demensia yang menyebabkan pikun.

Pola makan ala Mediterania lebih mengutamakan makanan nabati, minyak zaitun, serta asam lemak omega-3. Pola makan ini juga rendah lemak jenuh seperti yang banyak ditemukan pada produk susu dan daging merah.

Dalam studi yang dipimpin oleh Dr.Georgios Tsivgoulis dari Universitas Alabama di Birmingham, AS dan tim dari Universitas Athens, Yunani, disimpulkan manfaat diet Mediterania untuk mencegah penurunan kognitif.

Penelitian tersebut diikuti 17 ribu peserta dari 11 negara bagian di Amerika Serikat, antara lain Tennesse. Para peserta rata-rata berumur di atas 64 tahun.

Dalam penelitian ini, partisipan yang pernah mengalami stroke tidak diikutkan. Studi ini diklaim sebagai yang terbesar dalam menghubungkan pola makan dan kemampuan kognitif.

Kemampuan kognitif para responden secara berkala diteliti menggunakan Six-Item Sceener. Para responden juga harus mengisi kuasioner untuk emngukur kemampuan mereka mengingat tanggal dan kata sederhana setelah perhatian mereka dialihkan.

Hasil penelitian menunjukkan peserta diet mediterania berisiko 13 persen lebih rendah menderita kemunduran daya ingat.

Mereka yang mengadopsi diet ini juga mampu mempertahankan kemampuan kognitif para peserta berusia 70 tahun yang sudah mengalami demensia (pikun).

Meski begitu, para partisipan yang mengidap diabetes tidak mendapatkan manfaat dari pola diet ini.

Sumber :