Delman Domba, Kendaraan Wisata Khas Garut

Delman Domba, Kendaraan Wisata Khas Garut | Ingin tahu seberapa tangguh domba Garut? Datang saja ke Alun-alun kota Garut, Jawa Barat. Di antara belasan kereta wisata dan aneka transportasi rekreatif, ada satu yang unik dan pastinya tidak bisa dijumpai di kota-kota lain.

Namanya alat transportasi itu adalah deldom, akronim dari delman domba. Salah satunya pemilik deldom adalah Sumi (30) warga kampung Seni, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong, Garut.

Sumi memiliki dua dari tiga Deldom yang ada di Alun-alun Garut. "Saya punya delapan domba Garut. Dua saya pakai untuk delldom, yang di rumah enam khusus untuk aduan," kata Sumi, Sabtu (15/6/2013) siang.

Berbeda dengan kereta kuda, kusir deldom tidak ikut duduk di keretanya. Kusir harus berjalan kaki sambil memegang tali kendali domba agar kereta berjalan sesuai keinginan.

Salah seorang kusir deldom milik Sumi adalah Amat (30). Menurut Amat, seekor domba mampu menarik beban hingga 80 kilogram.

"Kalau yang naik anak-anak umur lima tahun bisa sampai enam orang. Kalau seumuran sepuluh tahun empat orang. Orang dewasa juga bisa, tapi hanya satu orang," kata Amat, yang masih satu kampung dengan Sumi.

Nah, jika ingin mencoba deldom, datanglah ke alun-alun Garut setiap hari mulai jam 06.00 hingga 17.00 wib. Cukup keluarkan ongos Rp. 3.000 deldom siap mengantar Anda mengitari alun-alun. k10-11 

http://regional.kompas.com