Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Ban Vulkanisir



Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Ban Vulkanisir


Ban vulkanisir adalah jenis ban yang dilapisi kembali sehingga hampir menyerupai ban baru. Sehingga dapat dikatakan bahwa ban vulkanisir adalah ban yang telah gundul ( kembang ban tipis ) kemudian dilapisi kembali dengan kembang ban ( alur ban ), sehingga ban yang tadinya gundul setelah di vulkanisir seperti ban baru kembali.

Sekarang banyak di jumpai toko toko ban yang menjual ban vulkanisir, bahkan mereka juga menjual berbagai type produk ban, seperti : ban baru, ban vulkanisir, dan ban bekas. Namun ban vulkanisir paling banyak adalah untuk ban mobil kendaraan besar ( truk dan bus ) maupun ban mobil untuk pribadi.

Ban vulkanisir banyak diminati oleh mereka yang menginginkan atau mengganti ban dengan harga miring. Sebab pada dasarnya harga ban vulkanisir jauh lebih murah dari harga ban baru. Namun jika dilihat dari segi keselamatan dan kenyamanan di jalan, tentu ban baru lebih terjamin.
Kelebihan menggunakan ban vulkanisir

Penjual ban vulkanisir banyak dijumpai dipinggir pinggir jalan raya, khususnya jalan yang sering dilewati oleh kendaraan besar. Karena pengguna terbanyak ban vulkanisir adalah truk dan bus. Hal ini karena ban vulkanisir mempunyai harga jauh lebih murah dari pada ban baru.

Namun pengguna atau pemakai ban vulkanisir biasanya hanya mempertimbangkan harga ban yang lebih murah, tanpa memikirkan Perusahaan yang sebagai penyedia atau memproses ban vulkanisir.

Dengan harga ban agak murah dari ban baru, tentu mereka dapat menekan biaya pembelian ban dan dapat meningkatkan penghasilan. Namun apakah demikian kenyataannya?

 

Kekurangan menggunakan ban vulkanisir

Selain mempunyai kelebihan ( harga ban agak murah ), ternyata menggunakan ban vulkanisir lebih banyak ketelitian dalam memilih perusahaan penyedia ban vulkanisir. Sehingga jika menggunakan ban vulkanisir diusahakan atau diutamakan gunakan pada roda belakang.


Secara nyata bahwa ban vulkanisir lebih murah memang tidak terbantahkan, namun apakah demikian keadaannya. Ternyata kalau diperhatikan usia ban vulkanisir beti alias beda tipis dari ban baru. Kalau dihitung dari penggantian ban ( usia ban ). Maka jika dibandingkan dengan ban baru, maka sekitar elisih sedikit saja dengan ban beru.

Kualitas ban vulkanisir bila menggunakan karet nomor wahid dan sistem prosedurenya secara modern ternyata kekuatannya tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan ban baru.

Dari segi kenyamanan tentu saja ban baru lebih nyaman dan aman. Sopir juga lebih tenang jika menggunakan ban baru. Untuk kecepatan tinggi, menggunakan ban vulkanisir diharapkan menggunakan karet super cool biar nyaman.


Saran

Ban vulkanisir mempunyai harga lebih murah, namun juga ada kekurangan namanya juga ban bekas diolah kembali. Jika anda  menggunakan ban vulkanisir, maka disarankan untuk mengetahui siapa pembuatnya dan sebaiknya menggunakan ban vulkanisir yang mempunyai masa garansi dan jangan gunakan untuk kecepatan tinggi.