5 Cara Menghadapi SEO

Berbagai perubahan-perubahan peraturan dan juga sistem algoritma pada dunia pengoptimasian halaman untuk mesin pencari telah membuat kompetisi diantara penggiat SEO dihampir semua niche menjadi semakin keras hari demi hari.

Karena itu semua praktisi SEO harus dilengkapi dengan keahlian yang sangat prima untuk menunjang hasil kerja mereka semaksimal mungkin. Dan kali ini anda akan mempelajari beberapa ide untuk memperkuat anda untuk berbagai tantangan SEO yang akan datang dikemudian hari.

1. Pengoptimasian Halaman website untuk mesin pencari (SEO) memiliki sisi teknis yang sangat unggul dalam penyeleksian beberapa kata kunci yang berkaitan. Bagian ini mencakup semua macam tags, sitemaps, server codes dan juga setingan-setingan lain yang membuat sebuah halaman pada website tertentu akan mudah dikenali oleh robot mesin pencari & juga akan mudah juga ditemukan oleh pengguna mesin pencari tersebut.

Hal-hal inilah yang membuat para praktisi tersebut meluangkan sebagian besar waktunya untuk bersusah payah mengembangkan keahliannya semenjak Google merombak sistem algoritmanya habis-habisan. Dengan demikian pengoptimasian secara onpage maupun offpage pun harus juga saling melengkapi satu sama lain dengan perubahan tersebut jadi dengan kata lain keberhasilan anda pada satu atau dua hal saja tidak akan menjamin keberhasilan halaman website anda pada halaman hasil pencarian.


2. Merebaknya penggunaan social media sebagai piranti pemasaran meningkatkan peluang juga bagi para praktisi SEO untuk menaruh berbagai macam link. Namun cara-cara lama pun masih juga digunakan sebagai sumber-sumber referensinya.
Hubungannya dengan ini adalah sangat penting bagi para praktisi SEO untuk mengetahui secara baik bagaimana membuat website yang dengan format yang sangat terstruktur dengan baik. Jika website anda terstruktur dengan baik maka para pengunjungpun akan dengan sangat mudah melihat, membaca dan melihat-lihat ke seluruh bagian & halaman pada website anda. Hal yang penting juga yaitu sebaiknya anda mengatur sebaik mungkin halaman-halaman pada website anda untuk kenyamanan para pengunjung.


3. Berikutnya adalah keahlian untuk membuat konten yang berkualitas dan mendistribusikan konten tersebut seefektif mungkin. Banyak sekali sudah disebutkan peribahasa “Content is the king” atau konten adalah raja, tapi tidak semua konten dapat mengundang pengunjung sebanyak yang kita inginkan.
Konten tersebut haruslah memenuhi keinginan para pengunjung, tak peduli bagaimana mencerahkan dan menariknya konten anda jika target pengunjung anda tidak mampu menjangkau konten anda disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan juga keahlian anda akan SEO. Hal ini haruslah saling mendukung antara konten yang bagus dengan keahlian akan SEO.

4. Dalam penambahan struktur dan konten ada satu faktor yang menunjang yaitu desain yang atraktif, Manusia pada dasarnya pasti tertarik pada apapun yang menarik perhatiannya secara visual. Tahu bagaimana mengkombinasikan warna dan desain yang sesuai dengan website yang dibuat.
Memilih gambar yang bagus yang sesuai dengan tampilan secara keseluruhan adalah aspek lain yang juga harus dikuasai. Terkadang para pengunjung hilang rasa tertariknya pada website tertentu yang memiliki gambar-gambar yang terlalu terang sehingga menyulitkan untuk melihat tulisan-tulisan atau font-nya.

5. Dan yang terakhir adalah keahlian SEO anda harus menyertakan pula kemampuan untuk membedakan antara cara yang baik (white hat), cara yang buruk (black hat), dan juga cara yang berada diantaranya yaitu grey hat. Beberapa cara yang digunakan contohnya adalah seperti spamming, membuat doorway pages atau juga halaman yang identik, huruf yang terlalu kecil bahkan tidak terlihat, dan juga link cloaking.
Karena menerapkan cara-cara tersebut dapat menyebabkan website anda mendapatkan blacklist atau juga dimasukkan ke dalam sandbox. Kenyataannya adalah inilah salah satu alasan kenapa Google melakukan banyak hal untuk hanya mempertahankan beberapa website yang benar-benar memenuhi standar yang mereka tetapkan. Dari maka itu asahlah kemampuan SEO anda pada cara-cara dan pengetahuan SEO yang tidak menyalahi aturan dari Google untuk mendapatkan hasil yang benar-benar diinginkan.