Cara Memperbaiki Memory Ram Yang Rusak

Cara Memperbaiki Memory Ram Yang Rusak Pada Komputer | Pernahkah anda mengalami Komputer anda yang tiba- tiba ngehang / crash pada saat bekerja di komputer? pernahkah anda mengalami komputer yang tiba-tiba mengeluarkan bunyi "beb" panjang ato pendek berkali-kali pada saat pertama kali menekan power Komputer ? 

Pada saat booting windows tiba-tiba komputer anda mengalami blank-screen atau yang biasa disebut BSOD? atau komputer anda tiba-tiba sering restart sendiri ? 

Secara umumnya itu semua merupakan ciri-ciri dari memory ram yang bermasalah. Permasalahan komputer anda kali ini terletak pada memory ram. Masih banyak lagi tanda-tanda yang disebabkan karena memory ram dikatakan rusak/ wajib ganti dengan baru,ataupun karena pemasangan memory ram yang tidak pas meletakkan di dudukannya.

Trus cara memperbaiki atau merawat Memory RAM itu sendiri bagaimana agar kita nyaman dalam bekerja menggunakan komputer??

Sebelumnya anda harus tahu sedikitnya penjelasan tentang apa itu RAM, ROM, dan juga fungsinya

Banyak cara yang dilakukan untuk memperbaiki memory ram baik yang rusak komponennya ataupun yang dikatakan sudah rusak (tidak rusak secara fisik / patah). Berikut saya sediakan beberapa cara ringan yang dapat dilakukan user /pengguna komputer tanpa harus memliki keahlian khusus.

Tips Cara memperbaiki Memory Ram:
Cara pertama:
Alat dan bahan

-Avometer dan tentunya memory ram yang sudah rusak dalam hal ini dianggap mati.
-Selembar Kain (terserah kain apa aja asal jgan kain baju anda :p)
-Penghapus pensil

Kalo sudah tersedia semua baru kita lakukan:
1. Copot / lepas memory ram dari slot dudukannya
2. Gosok pin-pin kaki memory ram yang berwarna kuning tersebut dengan penghapus pensil kemudian bersihkan dengan kain. Tujuannya agar pin-pin tersebut bebas dari debu,dan juga akan memancing ion-ion pada pin memory jadi tersimulasi dan sehingga konduktornya akan lebih aktif.
3. Jika sudah, arahkan avometer pada Ohm (skla pengukur hambatan).posisinya bebas 1k,10k,100k
4. Ambil jarum negatif (-) avometer lalu tempelkan pada satu pin memory,bebas pin yang mana aja (salah satu),kemudian arahkan/ gesekkan jarum positif (+) pada kumpulan-kumpulan kaki Chipset/IC memory ram tersebut.Gesekkan ke semua kaki-kaki IC yang ada pada memory tersebut.
5. Setelah semua selesai,baru anda pasang kembali ke slot dudukannya.NB: (pemasangan pada slot dudukan memory harus tepat dan pas).
keterangan :
Pada tips ini kita memanfaatkan aliran arus listrik dari baterai avometer yang dialirkan ke sirkuit chipset/IC memory. Prinsip kerjanya sama dengan kita melakukan reset Cmos Mainboard yang mengalami crash dan tidak mau hidup karena gangguan perjalanan arus listrik.

Cara kedua agak extrims,dan resikonya memory ram akan matot (mati total):
Alat dan bahan

-Anda siapkan Tiner B, (g usah banyak-banyak sebotol minyak kayu putih aja)
-Siapkan juga Blower HP, jika tidak ada anda bisa menggunakan pengering rambut.Tp jika menggunakan pengering rambut hasilnya tidak akan maksimal
-Kuas

Caranya:
1. Copot / lepaskan memory ram dari dudukannya
2. Sirami komponen-komponen memory ram dengan Tiner-B dan kemudian bersihkan dengan kuas sampe benar-benar terlihat bersih.
3. Keringkan memory ram menggunakan blower atau pengering rambut sampe benar-benar kering dari tiner.
4. Setelah kering baru pasang kembali kedudukannya seperti semula.

Perhatian : 
Tips ini sudah dibuktikan oleh saya, Tingkat keberhasilan 75% yang artinya dari 10 keping memory ram,7 diantaranya dapat digunakan kembali,dan sisanya tidak dapat digunakan lagi.:
Sebelum anda mempraktekkan cara yg kedua, sebaiknya anda pahami resikonya terlebih dahulu.