Menikmati arung jeram di Sei Wampu

Menikmati arung jeram di Sei Wampu | Kabupaten Langkat, Sumatera Utara merupakan kabupaten yang kaya akan tempat Objek wisata, diantaranya objek wisata pemandian alami, seperti lokasi pemandian Bukit Lawang (bahorok) dan lokasi pemandian Tangkahan (batang serangan) serta pengamatan orangutan, Objek wisata Religius, Wisata kuliner dan objek wisata petualangan, seperti objek wisata arung jeram Kutambaru dan Sei Bingai.

Objek wisata Arung Jeram (objek wisata petualangan) salah satunya berada di lokasi Sei Wampu, Kecamatan Kutambaru, Kabupaten Langkat. Objek wisata arung jeram itu merupakan salah satu wisata petualangan atau wisata minat khusus.

“Sei Wampu, adalah salah satu lokasi Objek wisata, dimana diadakannya kegiatan arung jeram dan berlokasai di Kecamatan Kutambaru, tepatnya di Desa Marike sekitar 79 Km dari kota Medan," ujar Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Langkat Rudi Kinandung beberapa waktu lalu

Aktivitas arung jeram di sei wampu sudah lama dikenal oleh wisatawan macanegara, belakangan ini Sei Wampu mulai ramai di kunjungi wisatawan domestik maupun macanegara, tamu-tamu mancanegara sering di bawa untuk berarung jeram di sini.

Itulah sebabnya arung jeram Sei Wampu dari tahun ketahun terus berkembang, baik dari potensi segmen, potensi pasar serta bervariasinya rute pengarungan yang ditawarkan dalam bentuk paket, sehingga wisatawan dapat menentukan pilihan sesuai dengan minat dan motivasi, ketersediaan waktu dan tingkat belanja yang di inginkan.

Selain itu juga, selama di perjalan pertualangan arung jeram banyak anak sungai yang terlihat dilalui. Dari anak sungai yang ada dilewati, airnya itu mengalir kesungai induk Sei Wampu salah satu Sungai Lau Kuteken Kecamatan Kutam Baru. “Bahkan disuatu tempat lokasi yang indah, para pengarung jeram di berhentikan kelokasi, dimana terdapatnya sumber mata air panas dan air terjun, agar pengarung jeram dapat mengendorkan urat-urat di tubuh mereka, akibat lelah dan tegang saat di pertualangan pertengahan mengarungi jeram yang terjal dan deras.

Di per jalanan pertualang arung jeram Sei Wampu, para pertualangan juga dapat melihat air terjun kecil yang mnengiasi sisi dinding batu cadas. Sebab air terjun yang memercik jatuh, merupakan air berasal dari mata air murni, yang keluar dari seselahan dinding pengapit sungai Sei Wampu itu. Sementara di sepanjang aliran sungai tersebut juga bayak terlihat para masyarakat yang memacing ikan.

Pada umumnya mereka memancing ikan, ingin mendapatkan ikan jurung, yang terkenal dengan lemak dan manisnya rasa daging ikan jurung. “Wah kalau begini kemari mendingan sambilan bawa pancing ,” celoteh salah satu pengarung jeram.

Paket yang disediakan untuk arung jeram Sei Wampu, di ataranya paket Pertualang, Yaitu pengarungan dari Rih Tengah hingga Bahorok yang membutuhkan waktu 2 (dua) hari pengarungan. Tingkat sungai yang di lalui berkisar tingkat III dan tingkat V dengan pemandangan sisi sungai yang cukup indah di pandang mata.

Paket alam, paket arung jeram ini membutuhkan 2 (dua) hari perjalanan dengan titik start di muara Sungai Lau Tebah, dengan tingkat kesulitan sungai tidak terlalu tinggi dan lama pengarungan sekitar 5 (lima) s/d 6(enam) jam perjalanan hingga jembatan Bahorok.

Paket rekreasi/paket keluarga, yang diperuntukan bagi pemula yang belum pernah sama sekali mengikuti pengarungan arung jeram, paket ini cocok buat permula bagi usia 10 tahun hingga 65 tahun. Tingkat kesulitan sungai sekitar tingkat II dan III dan cukup aman untuk kegiatan wisata dan rekreasi, apalagi di siagakan Tim SAR di tempat yang rawan.

Bagi paket rekreasi/keluarga ini sekitar 2 jam perjalanan, di mulai dari Dusun Cangkolan hingga berahir di Dusun Pamah Durian Kecamatan Kutambaru. Paket ini merupakan paket pengarungan yang banyak di minati, selain waktu pengarungan yang singkat serta biaya yang relatip terjangkau, pengalaman yang di tawarkan juga cukup menarik. Bagi paket ini di kenakan perorangan berkisar Rp250.000/orang. Harga ini sudah termasuk sewa perahu, makan siang, snack di perahu, asuransi jiwa dan angkutan ketempat tujuan.

Sebelum kita melakukan aktivitas rafting, terlebih dahulu diberi arahan dan petunjuk oleh pemandu dari Sei Wampu rafting. Sebagai pembuka, pemandu akan mengajarkan kita mendayung maju dan mundur, cara menyelamatkan diri saat terjatuh dari perahu dan lainnya. Selain itu, pihak Sei Wampu Rafting juga menyiapkan tim SAR yang senantiasa mengawasi para rafter (peserta) menelusuri sepanjang lokasi rafting.

(antara)