Sejarah Sepeda BMX

Sejarah Sepeda BMX | Sebelum orang mengenal sepeda BMX, awalnya yang ada hanya sepeda “Schwinn Stingray”, yang didesain dan diproduksi tahun 1963. Nah, sepeda “Schwinn Stingray” yang nantinya akan meniru gaya sepeda BMX jaman sekarang.

7 tahun kemudian, alias tahun 1970an, sepeda BMX mulai membooming setelah munculny akomunitas myang mengendarai sepeda di luar dan dijalan raya. Saat itulah muncul beberapa orang yang memainkan sepeda ini dengan beberapa tehnik dan skill yang berbeda. Sehingga sepeda BMX lahir saat itu menjadi sepeda dengan jenis tertentu dari jenis yang lainnya.

American Bicycle Association menjadi pioner dalam mewadahi gerakan sepeda mirip motor cross ini. Saat itulah sepeda BMX tersebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Ditahun 1990an, muncullah olahraga ekstrim yang disiarkan oleh stasiun ESPN yaitu X-Games. Hal inilah yang manjadi aturanbaku masuknya olahraga sepeda BMX dalam ajang olimpiade pada tahun 2008.
Sepeda BMX dapat digunakan sebagai sepeda balap, ataupun sebagai free style. Sepeda ini menggunakan tehnik yang berbeda dengan sepeda lain yang penah ada.
Sumber  : sepedaku.org