Hindari Makanan Penyebab Perut Buncit

Hindari Makanan Penyebab Perut Buncit
Walau berat badan idealpun, seringkali berperut buncit

Makanan tinggi lemak adalah penyebab utama lemak berlebihan di perut. Kandungan lemak dalam makanan yang tidak dicerna dengan cepat disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Hal tersebut menjadi masalah bagi banyak orang sehingga berperut buncit. Sebenarnya perut buncit tidak hanya dialami oleh orang kelebihan berat badan, namun orang dengan berat badan idealpun, seringkali memiliki perut buncit.

Haruskah semua jenis makanan yang mengandung lemak dihindari agar perut tidak buncit? Sementara sebagian lemak ada yang termasuk lemak baik atau lemak sehat.

Kira-kira makanan apa saja yang sebaiknya dihindari agar perut tidak buncit? Seperti dikutip dari ThatsFit, berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari.

1. Garam
Hindari makanan yang banyak mengandung garam dan makanan yang diproses dengan garam.

2. Kelebihan karbohidrat
Sebagai sumber energi cadangan, otot-otot tubuh dapat menyimpan jenis karbohidrat yang disebut glikogen. Setiap gram glikogen yang disimpan setara dengan sekitar 3 gram air. Tetapi kecuali jika melakukan latihan fisik atau orlahraga, maka kelebihan karbohidrat tidak akan tersimpan.

3. Sayuran mentah dan buah-buahan dengan pemanis
Satu setengah porsi cangkir wortel yang dimasak memberikan nutrisi yang sama seperti satu cangkir wortel mentah, tetapi akan memakan sedikit ruang dalam saluran pencernaan.

4. Makanan yang mengandung gas
Makanan tertentu menyebabkan lebih banyak gas dalam saluran pencernaan. Makanan tersebut termasuk kacang polong, kembang kol, brokoli, kubis Brussel. kol. bawang, parika dan buah jeruk.

5. Minuman tinggi asam
Alkohol, kopi, teh, cokelat panas, dan jus buah yang mengandung asam, masing-masing minuman tinggi asam tersebut dapat mengiritasi saluran pencernaan dan menyebabkan pembengkakakn.

6. Makanan yang digoreng
Makanan berlemak, khususnya yang di goreng, menyebabkan dicerna lebih lambat. Tentunya hal tersebut menyebabkan perut terasa berat dan kembung. Untuk diet sehat bukan berarti tidak makan lemak sama sekali, namun makanan berlemak yang dipilih adalah jenis lemak yang sehat.

7. Makanan pedas
Makanan yang dibumbui dengan lada hitam, pala, cengkeh, bubuk cacai, saus panas, bawang merah, bawang putih, mustar, saus barbeque, lobak, saus, saus tomat, atau cuka semua dapat mernagsang pelepasan asam lambung.

8. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi mengandung gelembung-gelembung udara. Tentunya gelembung-gelembung tersebut akan berakhir di perut. Maka hindarilah minuman berkabonasi.

9. Permen karet
Banyak orang yang tidak menyadari ketika mengunyah permen karet, akan menelan udara. Semua udara yang terjebak dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan tekanan, kembung dan ekspansi perut.

Sumber

Subscribe To Get FREE