Danau Lau Kawar Gunung Sibayak


Danau Lau Kawar Gunung Sibayak

Danau Lau kawar terletak di Desa Kuta Gugung Kecamatan Naman Teran persis dibawah Gunung Sinabung. Danau ini memiliki luas sekitar 20 Ha dengan kedalaman 40 meter lebih pada bahagian terdalam.

Bentuk danau ini seperti palungan karena diapit oleh Gunung Sinabung (2417 dpl) dan sebuah bukit yang bernama Deleng Lancuk.


Danau Lau Kawar merupakan obyek wisata yang dikelola dengan baik oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karo. Di danau ini pengunjung dapat menikmati segarnya udara pegunungan, pemandangan yang indah permai serta aktifitas wisata tirta. Obyek Wisaat ini memiliki sarana shelter, pagar pengaman danau, kamar mandi yang bagus, air bersih, dan camping ground seluas 3 Ha.

Selain tempat berkemah di alam yang sejuk dan damai, jauh dari kebisingan kota, obyek wisata Danau Lau kawar merupakan pintu masuk utama pendakian Gunung Sinabung, karena itu obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh para pemuda dan pencinta alam sewaktu liburan sekolah.

Danau ini memiliki luas + 200 Ha. diapit oleh alam pegunungan yang ditumbuhi pohon-pohon kayu hutan tropis dan dipinggiran danau terbentang lahan seluas + 3 Ha. sebagai lokasi tempat berkemah. Di objek wisata ini dapat dilakukan kegiatan panjat tebing dan sekaligus pendakian ke puncak Gunung Sinabung melewati hutan belantara. 

Jarak dari Kota Berastagi ke objek wisata ini + 27 km dan dapat menggunakan kendaraan roda 4 melintasi beberapa desa dan lahan pertanian (agrowisata).