Pemandian Alam Lau Debuk-debuk

Objek wisata ini merupakan pemandian air panas yang mata airnya bersumber dari perut bumi, mengandung unsur belerang yang dapat mengobati penyakit gatal-gatal.


Dan biasa dibuat sebagai pengganti mandi sauna, kolam air panas alam Lau Debuk-debuk terdapat di Desa Doulu Kecamatan Berastagi. Lokasi ini merupakan salah satu Obyek Wisata yang diminati pengunjung lokal dan mudah dicapai. Terletak tidak jauh dari jalan utama yang menghubungkan Medan – Berastagi tepatnya di KM 55 dan dapat dicapai dengan bus sedang.

Obyek wisata ini memiliki luas 7 ha yang dilengkapi dengan arena parkir, shelter dan kamar mandi. Kolam air panas alam ini memiliki suhu sekitar 40 derajat celcius dan mengandung belerang sekitar 16 persen. Dulunya lokasi ini merupakan kolam yang terbentuk oleh proses alami, namun untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung, saat ini Pemerintah telah membuat kolam dari semen.

Di lokasi ini juga banyak terdapat fasilitas ritual penyembahan menurut kepercayaan perbegu (animisme) karena memang Lau Debuk-debuk dari dahulu digunakan oleh masyarakat sebagai tempat erpangir yaitu salah satu upacara ritual untuk membersihkan diri dari pengaruh roh jahat atau penyakit yang disebabkan kekuatan mistik.
Tidak jauh dari lokasi ini terdapat pemandian air panas alam yang telah dikelola dengan lebih baik oleh masyarakat setempat. Kolam pemandian air panas alam milik masyarakat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas parkir yang luas, sarana akomodasi, kantin, ruang pertemuan dan juga alat angkutan bus sedang yang dapat disewa oleh tamu.